Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Kali Idealnya Pakai Sunscreen Dalam Sehari?

Kompas.com - 11/01/2024, 13:51 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penggunaan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan dapat memberikan perlindungan bagi kulit untuk mencegah dampak buruk sinar matahari.

Sejumlah manfaatnya telah terbukti dapat mencegah kerusakan kulit, penuaan dini hingga mengurangi risiko kanker kulit akibat sinar ultraviolet.

Tapi sayangnya, mungkin sebagian dari kita masih bingung bahkan mempertanyakan berapa kali idealnya pakai sunscreen dalam sehari?

Dalam menjawab hal ini, dermatolog yang berbasis di Jakarta, dr Claudia Christin, MBBS, Ph.D mengatakan, penggunaan sunscreen sebetulnya dapat disesuaikan kebutuhan hingga aktivitas sehari-hari. Namun, akan lebih baik jika sunscreen dioles saat pagi sebelum memulai beraktivitas.

"Kalau mau pergi pagi, ya dioles dulu sunscreennya," kata dokter Claudia saat ditemui Kompas.com di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Reapply Sunscreen Baiknya Tiap 2 Jam Sekali, Ini Alasannya

Mengoles sunscreen saat pagi rasanya belum cukup memberikan proteksi maksimal jika kita berada di luar ruangan seharian, karena itu, dr Claudia sangat menyarankan pemakaian berulang setiap 3 sampai 4 jam sekali, terutama jika selama beraktivitas wajah kita dibanjiri keringat.

Misalnya saat berangkat ngantor saat pagi kita sudah mengoles sunscreen, lalu ada aktivitas yang mengharuskan kita berada di luar ruangan saat siang.

Sebelum berangkat, idealnya cuci muka terlebih dahulu, lalu sunscreen dioles lagi untuk memberikan perlindungan kulit yang optimal.

"Sebenarnya kalau rekomendasi dokter setiap 3 hingga 4 jam sekali. Tapi aku tahu itu kalau di kehidupan nyata agak sulit. Paling tidak aku rekomendasikan penggunaan setiap hari itu wajib dan disesuaikan dengan aktivitas, ya," lanjutnya.

Setelah itu, pemakaian sunscreen berulang diperlukan lagi, terlebih jika kita pulang ke rumah di bawah pukul 17.00.

Kata dr Claudia, indeks sinar UV di bawah pukul 17.00 masih berpotensi merusak kulit meski tidak se-tinggi saat siang. Untuk itu, diperlukan proteksi kulit lagi dengan pemakaian sunscreen berulang.

"Di jam 3 sore masih perlu pakai sunscreen. Tapi kalau kita pulang sudah di atas jam 5 sore, matahari mulai terbenam dan penggunaan sunscreen boleh dilewati saja," paparnya.

Dengan penjelasan dr Claudia tersebut, pertanyaan seperti berapa kali pemakaian sunscreen dalam sehari sudah terjawab dengan jelas dan itu tergantung pada kebutuhan hingga aktivitas kita.

Jika melihat aktivitas seharian yang cukup padat terutama di luar ruangan, pemakaian sunscreen tiga kali sehari dapat memberikan perlindungan kulit secara optimal.

"Minimal SPF 30, lebih tinggi malah bagus tapi dilihat kondisi atau indeks UV ya. Yang penting sebelum dioles lagi, wajah harus dalam keadaan bersih agar tidak ada kotoran menumpuk di wajah," pungkasnya.

Baca juga: 5 Tips Merawat Wajah Saat Musim Hujan, Tetap Pakai Sunscreen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com