Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/09/2023, 21:08 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Udara panas dengan sinar matahari yang bersinar terik harus kita hadapi dalam beberapa minggu terakhir. Jangan lupa untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) dengan memakai tabir surya.

Pemakaian tabir surya (sunscreen) sangat penting sebab, sinar UV memiliki efek yang buruk bagi tubuh, terutama kulit.

Paparan sinar UV ke kulit dalam jangk apanjang dapat mempercepat penuaan dini, menyebabkan sunburn (terbakar), membuat warna kulit lebih gelap, hingga kerusakan DNA yang menyebabkan kanker kulit.

Para ahli sepakat bahwa sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit sehari-hari. Produk sunscreen pada umumnya mengandung senyawa yang menghalangi sinar UV dan memberikan perlindungan kulit.

Tabir surya yang digunakan untuk melindungi kulit dari sinar UV setidaknya memiliki tingkat SPF minimal 30.

Tabir surya dengan tingkat SPF (faktor pelindung sinar matahari) yang lebih tinggi bisa digunakan apabila harus berada cukup lama di bawah sinar matahari, seperti ketika berolahraga di luar ruangan atau ke pantai.

Baca juga: 7 Cara agar Kulit Tidak Belang, Tak Hanya Pakai Sunscreen

Sunscreen yang ringan

BMKG telah mengingatkan publik untuk selalu menggunakan pelembab tabir surya dengan SPF minimal 30, setiap dua jam sekali, agar kulit terhindar dari efek buruk paparan sinar matahari.

Scarlett meluncurkan produk tabir surya ?Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen?, di acara Meet and Greet TWICE yang bertempat di Istora Senayan, Jakarta (29/9/2023).Dok Scarlett Scarlett meluncurkan produk tabir surya ?Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen?, di acara Meet and Greet TWICE yang bertempat di Istora Senayan, Jakarta (29/9/2023).

Untuk merespons tingginya permintaan terhadap sunscreen kulit yang efektif dan terjangkau, produk perawatan kulit Scarlett meluncurkan produk terbaru “Scarlett Ultra Light Daily Sunscreen”, di acara Meet and Greet TWICE yang bertempat di Istora Senayan, Jakarta (29/9/2023).

Pendiri Scarlett, Felicya Angelita mengatakan, Setelah sebelumnya meluncurkan Sun Bright Daily Sunscreen yang difokuskan untuk kulit normal dan kering, kali ini Ultra Light Daily Sunscreen ditujukan untuk para pengguna dengan kulit normal dan berminyak.

Baca juga: 3 Fakta Konser TWICE di Jakarta 2023

"Sunscreen yang diformulasikan dengan bahan dasar air ini menghasilkan tekstur super ringan, dan mampu meresap hanya dalam waktu kurang dari 20 detik," katanya.

Produk terbaru ini memiliki SPF 50+ PPA++++ yang sudah teruji tidak menyebabkan komedo.

"Dengan PA++++, perlindungannya lebih maksimal terhadap efek buruk jangka panjang sinar UV seperti penuaan, bintik hitam, hingga risiko kanker kulit,” tambah Felicya.

Selain memakai sunscreen, jika terpaksa beraktivitas di luar ruang di siang hari, gunakan pakaian lengan panjang, topi, payung, dan kacamata hitam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com