Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Jam Tangan, Dress Watch hingga Jam Pilot, Mana Pilihanmu?

Kompas.com - 16/04/2024, 07:53 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Bukan sekedar penunjuk waktu, jam tangan dewasa ini berfungsi juga untuk meningkatkan penampilan dengan beragam gaya, desain, dan jenis yang bisa dipilih.

Dari jam tangan yang memang dirancang untuk tampilan formal, keseharian, olahraga, hingga jenis jam tangan yang secara desain dan fungsinya dibuat untuk kegiatan atau profesi tertentu. 

Beberapa jam tangan juga memiliki latar belakang sejarah yang kuat sehingga diasosiasikan dengan peristiwa atau tokoh tertentu.

Misalnya jam tangan Omega yang dipakai dalam film-film James Bond, jam tangan yang dipakai astronot ke Bulan, atau jam tangan TAG Heuer yang memiliki hubungan erat dengan balapan mobil.

Dengan banyaknya jenis jam tangan, tentu saja pilihan akan semakin bervariasi. 

Baca juga: 10 Brand Jam Tangan di Bawah Rp 8 Juta yang Terlihat Mewah

Di bawah ini merupakan beberapa jenis jam tangan berdasarkan desain dan peruntukannya. Mana jam tangan yang kamu sukai? 

Jenis jam tangan sesuai gayanya

Dress Watch untuk menunjang penampilan formal

Jam tangan Orient Bambino yang masuk kategori dress watch Jam tangan Orient Bambino yang masuk kategori dress watch
Dress watch adalah jam tangan dengan desain paling sederhana, klasik dan elegan dari semua jenis jam tangan. Jam tangan ini dirancang tipis agar bisa masuk ke lengan baju, umumnya diameter kurang dari 40 mm, tampil tidak mencolok dan cenderung minimalis. 

Menurut Andrean Saputro, VP of Marketing jamtangan.com, dress watch dirancang untuk dipasangkan dengan busana formal seperti tuksedo, jas dan pakaian formal lainnya. Akar dari dress watch sebenarnya dari budaya berpakaian formal bangsawan Eropa.

Banyak produsen merancang jam tangan formal atau dress watch dengan ukuran yang kecil, tipis, simpel serta tampilan dial yang bersih.

Biasanya warna dial merupakan warna-warna kalem dan dipasangkan dengan strap kulit elegan. Hal ini agar dalam aspek warna, dress watch juga tidak terlalu terlihat mencolok.

Selain itu, jam tangan jenis ini juga tidak dibekali banyak fitur, seringkali bergaya Bauhaus dan terdiri dari 3 jarum atau terdapat jendela tanggal. Pada marker juga tidak diberi lapisan lume yang bisa berpendar saat cahaya minim. 

"Untuk materialnya cukup bervariasi, dari stainless steel hingga logam mulia seperti emas putih dan platinum," ujar Andrean saat dihubungi Senin (15/4/2024).

Baca juga: 7 Jam Tangan Patek Philippe Termahal yang Pernah Dilelang

Sport Watch yang tangguh untuk sehari-hari

Seiko Prospex Speedtimer Seiko Prospex Speedtimer
Jam tangan sport merupakan jenis jam tangan yang cakupannya cukup luas. Jam tangan ini diciptakan untuk kegiatan outdoor harian dengan fitur seperti: tahan air, anti guncangan, dan terkadang terdapat fitur chronograph.

Jam tangan sport racing dengan fitur chronograph biasanya memiliki skala Tachymeter pada bezel untuk mengukur kecepatan per jam, misalnya seperti pada Seiko Prospex Speedtimer. 

Banyak sport watch mempunyai tema-tema olahraga seperti atletik, lari, balap motor atau mobil hingga yacht racing.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com