Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Malas Cuci Muka Setelah Pakai Sunscreen Seharian

Kompas.com - 09/01/2024, 16:36 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Sehabis berkegiatan seharian, luangkan waktu untuk mencuci muka guna membersihkan residu kotoran dan produk. Misalnya sunscreen (tabir surya).

Menurut dermatolog berlisensi di New York City, Amerika Serikat (AS), Sejal Shah, mencuci muka berperan dalam membersihkan sisa makeup (riasan), minyak, dan kotoran.

Baca juga: Reapply Sunscreen Baiknya Tiap 2 Jam Sekali, Ini Alasannya

"Meskipun Anda tidak memakai riasan, kulit wajah Anda bersentuhan dengan residu dari produk perawatan kulit lainnya, seperti moisturizer (pelembap) dan sunscreen, serta polutan, mikroba, dan kotoran lainnya, belum lagi minyak, keringat, dan sel kulit mati," jelas Shah, dikutip dari Allure, Selasa (9/1/2024).

Lantas, apakah sunscreen harus dibersihkan?

Ilustrasi pakai bedak tabur setelah sunscreen.Shutterstock/Lyubov Levitskaya Ilustrasi pakai bedak tabur setelah sunscreen.

Sunscreen dipakai saat pagi hari atau sebelum berkegiatan di luar rumah. Produk ini membantu mencegah dampak buruk sinar ultraviolet (UV) pada kulit, antara lain penuaan diri, dark spot (bintik hitam), dan kanker kulit.

Namun, seusai berkegiatan, kamu tetap harus membersihkan sunscreen dari wajah. 

"Sunscreens dan sunblocks (tabir surya) dapat berpotensi menyumbat pori-pori karena mereka mengandung bahan yang lebih berat yang digunakan pada siang hari," tutur dermatolog dari New Jersey, AS, Dr. Fredric Haberman, dilansir dari New Beauty

Bahan-bahan tertentu pada sunscreen, lanjutnya, bisa menyumbat pori-pori. Terutama bagi pemilik kulit yang rentan penyumbatan dan jerawat. 

"Selain itu, SPF (yang ada dalam sunscreen) adalah molekul yang lebih besar dan Anda tidak ingin SPF menekan kulit Anda saat tidur malam hari, menyebabkan pori-pori yang lebih besar," ujar Haberman.

Baca juga:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com