Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malas Pakai Sunscreen Bisa Jadi Pemicu Penuaan Dini

Kompas.com - 03/10/2023, 18:18 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, penampilan kulit kita juga akan ikut menua. Kulit bisa kehilangan lemak dan menipis, terlihat kurang lembut dan kenyal dibandingkan sebelumnya.

Jika kita tidak merawatnya dengan benar, tanda-tanda penuaan itu bisa muncul lebih cepat yang disebut juga dengan penuaan dini

Untuk itu, mengonsumsi makan yang bergizi dan berolahraga secara teratur sangatlah penting dalam menjaga kesehatan kulit dan memastikannya tetap dalam kondisi terbaik.

Selain itu, pastikan juga kita tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit wajah.

Baca juga: Awas, Paparan Blue Light Berisiko Memicu Penuaan Dini

Kebiasaan yang memicu penuaan dini pada kulit

Dilansir dari laman Eat This Not That, berikut sejumlah kebiasaan sehari-hari yang perlu dihindari karena dapat membuat kulit menua sebelum waktunya.

1. Malas membersihkan makeup sebelum tidur

Sangat penting untuk selalu membersihkan riasan sebelum tidur. Sebab, sisa makeup sangat berbahaya bagi kulit dan mempercepat timbulnya keriput.

Jika kita sehari-hari selalu memakai makeup lengkap seperti foundation dan cushion, jangan lupa melakukan pembersihan wajah dua langkah dan akhiri dengan pelembap.

Masalah umum pada beberapa orang adalah menggunakan produk yang mengeringkan kulit mereka, sehingga membuatnya menjadi tua sebelum waktunya.

Baca juga: 3 Makanan yang Picu Kerutan dan Kulit Kering Setelah Usia 40-an

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

2. Posisi tidur yang kurang tepat

Menurut pakar skincare dan ahli kecantikan, Renée Rouleau, kebiasaan tidur yang buruk dapat menjadi penyebab utama timbulnya keriput.

Rouleau tidak merekomendasikan posisi tidur tengkurap. Ia sendiri mengaku meletakkan kepalanya pada sisi miring di "sudut bawah" bantal tempat tidur yang ekstra keras.

Dengan cara ini, bagian bawah wajah tidak benar-benar berada di atas bantal, yang dapat membantu mencegah kerutan pada lipatan nasolabial.

Baca juga: Posisi Tidur Tengkurap Paling Tak Direkomendasikan Pakar

3. Tidak pakai sunscreen

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com