Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Kurang Tidur Bisa Bikin Orang Merasa Lebih Tua 10 Tahun

Kompas.com - 21/04/2024, 14:30 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

Sumber CNN Health

KOMPAS.com - Kurang tidur ternyata memiliki sejumlah dampak negatif. Salah satunya, kurang tidur dapat membuat seseorang merasa lebih tua lima hingga sepuluh tahun dari usia sebenarnya.

Baca juga: Apakah Makan Sebelum Tidur Tidak Sehat?

Pernyataan tersebut, berdasarkan hasil sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Prosiding of Royal Society B. 

“Tidur memainkan peran penting terhadap perasaan seberapa tua seseorang,” kata Leonie Balter, Seorang Peneliti Aktivitas Tidur di Universitas Stockholm, Swedia, dilansir dari CNN Health.

Alasannya, ungkap Balter, kurang tidur akan menyebabkan kantuk. Padahal, kantuk dapat mengurangi tingkat energi, motivasi, dan semangat, sehingga membuat seseorang merasa lebih tua.

Sementara, kurangnya energi dan motivasi dapat menyebabkan seseorang merasa lebih tua. Selain itu, kondisi tersebut dapat membatasi kemampuan seseorang untuk tetap aktif secara fisik dan sosial. 

“Padahal, keduanya (aktif secara fisik dan sosial) berkontribusi terhadap perasaan muda,” jelas Balter. 

Baca juga: Perlukah Minum Sebelum Tidur?

Hasil penelitian

Ilustrasi kurang tidur bisa bikin seseorang merasa lebih tua dari usia aslinya.iStockphoto/Kanawa_Studio Ilustrasi kurang tidur bisa bikin seseorang merasa lebih tua dari usia aslinya.

Balter dan rekan-rekannya melakukan dua penelitian. Pertama, penelitian melibatkan 429 orang berusia antara 18 hingga 70 tahun. 

Partisipan penelitian tersebut, tidur di rumah mereka sendiri selama sebulan. Selama periode penelitian, peserta melaporkan merasa seperempat tahun lebih tua dari usia aslinya, pada malam di mana mereka kurang tidur.

Berbanding terbalik, seseorang yang berhasil tidur nyenyak, melaporkan merasa lebih muda hampir enam tahun dari usia sebenarnya. 

Baca juga: Apa Itu Pink Noise dan Bagaimana Bisa Membantu Kita Tidur?

Penelitian kedua, melibatkan 186 peserta penelitian yang sama. Mereka diminta untuk tidur di laboratorium selama dua malam.

Namun, para peserta hanya diberikan waktu tidur empat jam setiap malam.

Hasilnya, para peserta penelitian yang mengalami kurang tidur, rata-rata merasa empat setengah tahun lebih tua dari usia sebenarnya.

"Temuan ini mendukung bahwa tidur, yang merupakan fenomena biologis penting, menjadi kunci utama bagi seseorang untuk merasa muda," tulis Balter dan rekan-rekannya dalam penelitian tersebut, dilansir dari CNN Health.

Jadi ingat, bahwa tidur malam yang cukup merupakan kunci untuk merasa lebih awet muda.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com