Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beraktivitas Outdoor Pukul 7 Pagi, Harus Pakai Sunscreen?

Kompas.com - 13/01/2024, 07:24 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit. Maka, penggunaan sunscreen secara rutin sangatlah penting.

Terpapar sinar UV dalam jangka panjang memiliki sejumlah dampak berbahaya, termasuk menyebabkan penuaan dini, kulit kering dan terbakar, hingga kanker kulit.

Baca juga: Pakai Sunscreen Setelah Cuci Muka, Bolehkah?

Memang, ada waktu tertentu di mana paparan sinar matahari sangat kuat. Tetapi, jika memutuskan untuk keluar sejak pagi hari, apakah harus tetap menggunakan sunscreen?

Apakah pukul 7 pagi harus pakai sunscreen?

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Dr Fitria Agustina, SpKK, FINSDV, FAADV mengatakan bahwa sunscreen dapat digunakan sejak pagi hari.

Kendati demikian, penting untuk mengecek indeks UV di daerah tempat tinggal. Sebab, paparannya bisa berbeda di satu kota dan kota lainnya.

Untuk diketahui, Indeks UV dikatakan sudah masuk kategori tinggi di atas angka 6. Sementara 3-5 adalah moderat dan 1-2 rendah. Sedangkan Indeks UV di atas 11 sudah dikategorikan ekstrem.

"Karena ada daerah dengan UV Index sudah di atas 5 pada pukul 7 pagi," ungkapnya ketika dihubungi kepada Kompas.com, Kamis (11/1/2024).

Baca juga: Apakah Tidur Siang Perlu Pakai Sunscreen? Ini Kata Ahli

Menurut Dr Fitria, perlindungan sunscreen sebenarnya bukan hanya terbatas pada dampak negatif paparan sinar UV yang berlebihan, tetapi juga sinar biru (blue light) yang banyak dipancarkan oleh layar.

Ini termasuk televisi, laptop, ponsel, serta lampu LED yang kerap ditemukan sehari-hari.

Meskipun memiliki energi lebih kecil dibandingkan sinar UV, paparan blue light setiap hari dengan durasi cukup lama ternyata dapat meningkatkan risiko terjadinya melasma atau bercak gelap di wajah.

Ia juga menyarankan untuk mengaplikasikan sunscreen ke wajah dan area kulit lainnya yang tidak ditutupi pakaian serta mengaplikasikannya 20-30 menit sebelum keluar rumah.

"Selalu gunakan sunscreen setelah produk perawatan kulit lainnya dan sebelum makeup," tuturnya.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Memakai Sunscreen?

Untuk hasil terbaik, gunakan sunscreen dengan formulasi sesuai jenis kulit.

Misalnya, jika memiliki kulit berminyak disarankan mencari produk yang bertuliskan 'non-comedogenic' atau tidak menyumbat pori-pori.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com