Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Sunscreen bagi Ricky Harun untuk Merawat Kulit Sensitif

Kompas.com - 01/02/2024, 15:15 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain moisturizer (pelembap), tabir surya atau sunscreen menjadi produk perawatan kulit yang penting bagi Ricky Harun.

Ini dikarenakan kondisi kulitnya yang termasuk kering dan sensitif, sehingga dia perlu melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari.

Ricky mengakui, penggunaan sunscreen juga cukup penting dalam keseharian, apalagi ketika aktivitasnya cenderung padat dan mengharuskannya berada di luar ruangan.

"Saya orangnya agak cuek, memang. Kalau pakai sunscreen dilihat dulu kegiatannya. Kalau kebanyakan di luar ruangan, ya, pakai sunscreen," ujar Ricky Harun kepada Kompas.com di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cerita Ricky Harun Berjuang dengan Masalah Kulit Eksim

Menurutnya, memiliki kulit sensitif memang perlu dijaga dan diberi perhatian khusus agar tidak muncul masalah kulit baru yang merugikan kesehatan kulit.

Di samping memerhatikan produk pembersih wajah dan pelembap yang dia gunakan, sunscreen juga menjadi hal wajib untuk memberikan perlindungan kulit dari paparan sinar matahari.

Pasalnya, kulit sensitif cenderung lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar ultraviolet. Paparan yang terus-menerus tanpa perlindungan bisa membuat kulit lebih mudah iritasi hingga ruam.

Maka dari itu, Ricky Harun kini selalu mengupayakan memberikan edukasi tentang perawatan kulit yang tak cuma penting bagi dirinya, tetapi juga keempat anaknya yang juga memiliki kondisi kulit serupa.

"Dulu mungkin saya agak cuek dengan perawatan kulit. Setelah punya anak, apalagi kondisi kulitnya sama kayak saya, kering dan sensitif, dari situ saya mulai menjaga dan memberikan edukasi ke anak juga," kata Ricky.

Semenjak dirinya lebih sadar tentang perawatan kulit sensitif, Ricky juga kerap mengimbau anak-anaknya untuk menggunakan sunscreen, dan disesuaikan dengan aktivitasnya, terutama jika berkegiatan di luar ruangan.

"Kalau sekarang sangat fokus menjaga kulit pasti setiap hari sebenarnya harus, ya, pakai sunscreen. Memilih sunscreennya juga disesuaikan formulanya yang cocok untuk anak-anak," tutup Ricky Harun.

Baca juga: Perawatan Kulit Eksim Ricky Harun, Jaga Kebersihan hingga Pakai Pelembap

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com