Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Kulit Anak Bikin Ricky Harun Lebih Peduli Merawat Kulit

Kompas.com - 30/01/2024, 15:15 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai laki-laki, cuek merawat kulit mungkin sudah menjadi hal biasa. Kebiasaan itu juga dialami aktor Ricky Harun.

Di masa remaja dulu, dia mengaku begitu cuek dengan kondisi kulitnya yang sensitif.

Jangankan memakai pelembap agar kulitnya tetap terhidrasi, menggunakan sunscreen saja bukan menjadi prioritas Ricky dalam keseharian.

"Kalau dibilang cuek, ya, saya terbiasa mengurus diri sendiri gitu. Dari dulu malah tidak pakai produk perawatan apa-apa, kalau pas SMA mulai puber dan mulai syuting baru kenal perawatan kulit, tapi itu pun tidak yang 'merawat banget'," kata Ricky Harun saat kepada Kompas.com di kantor Our In One, Melawai, Jakarta Selatan, Jumat (29/1/2024).

Akibat terlalu cuek merawat kulitnya yang sensitif, riwayat eksim yang dimilikinya pun sering kambuh sampai mengganggu aktivitas kesehariannya.

Bahkan bekas-bekas iritasi kulit di tubuhnya masih ada yang membekas dan cukup terlihat kasat mata.

"Kalau dulu kulit itu kayak bersisik kalau digaruk saking keringnya. Karena tidak pakai (produk) apa-apa makanya semakin kering, ibaratnya busikan gitu," jelasnya.

Tetapi seiring waktu, kesadaran untuk merawat kulitnya yang sensitif dan punya riwayat eksim terus meningkat. Terlebih dia juga sudah berkonsultasi ke dokter kulit tentang cara merawat kondisi kulit yang tepat.

Baca juga: Cerita Ricky Harun Berjuang dengan Masalah Kulit Eksim

Sadar pentingnya merawat kulit sejak punya anak

Kesadaran Ricky Harun akan pentingnya merawat kulit semakin terbuka ketika memahami kondisi kulit keempat anaknya yang persis seperti yang Ricky alami.

"Dulu saya biasa saja sama kondisi kulit. Tapi semenjak punya anak dan karena genetik kondisi kulitnya sama, saya jadi lebih menyadari dan mulai menjaga kesehatan kulit," papar Ricky.

Bintang sinetron "Ganteng-Ganteng Serigala" itu bercerita, keempat anaknya punya kondisi kulit yang kering.

Terlebih pada anak keduanya, Athaya Akyza Pratama, yang punya kondisi kulit sensitif cenderung lebih parah, karena sudah terdiagnosis akibat gangguan imunitas.

Terkadang, si kecil mengalami kulit yang memerah, iritasi, gatal hingga mengalami gangguan tidur akibat kondisi kulitnya.

"Saya jadinya fokus sekali menjaga kebersihan dan paham kalau kulit itu harus bersih, terutama mandi, ya," kata Ricky.

Selain berkonsultasi ke dokter kulit, kini, pria kelahiran tahun 1987 itu lebih memilih upaya pencegahan agar kondisi kulit keluarganya tetap terjaga dengan baik dan tidak sering mengalami kekambuhan.

Kemudian dia juga selalu mengupayakan untuk menggunakan pelembap agar kulitnya tetap terhidrasi dan tidak kering.

Meski pelembap bukanlah obat untuk kulit sensitif, tetapi paling tidak kelembapan kulit yang terjaga dengan baik bisa mencegah berbagai masalah kulit muncul di kemudian hari.

"Jadi lebih sadar kalau pelembap itu perlu untuk kulit sensitif atau kering. Apalagi buat anak-anak, sekarang jadi lebih menjaga kondisi kulit," tandasnya.

Baca juga: Terinspirasi Kondisi Kulit Anak, Ricky Harun Bikin Bisnis Body Care

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com