Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Minyak Zaitun Bisa Digunakan untuk Membersihkan Jaket Kulit?

Kompas.com - 15/02/2024, 07:31 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini minyak zaitun kerap digunakan sebagai campuran bahan makanan karena manfaatnya yang baik bagi kesehatan.

Selain itu, tak jarang juga minyak zaitun dipakai dalam bentuk perawatan tubuh, mulai dari rambut, wajah hingga tubuh secara keseluruhan.

Lalu, apakah minyak zaitun juga bisa digunakan untuk merawat jaket kulit? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Membersihkan jaket kulit dengan minyak zaitun

Banyak bahan atau material dari kulit yang memiliki lapisan lebih halus.

Meskipun kita bisa menggunakan lap atau tisu basah, namun ada beberapa bahan tertentu yang dapat digunakan untuk membersihkan jaket kulit, salah satunya adalah dengan minyak zaitun.

Dikutip dari laman World of Leather, Kamis (15/2/2024), minyak zaitun banyak direkomendasikan untuk membersihkan dan melembapkan jaket kulit.

Baca juga: Apakah Jaket Kulit Boleh Direndam Air?

Caranya adalah mengoleskan kain bersih yang lembut dengan minyak zaitun lalu gosokkan pada area atau bagian jaket yang kotor untuk menghilangkan noda.

Ilustrasi membersihkan jaket kulit dengan menggunakan pembersih kulit.The Spruce Ilustrasi membersihkan jaket kulit dengan menggunakan pembersih kulit.

Sementara itu, dikutip dari laman Leathercult, jika kita akan menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan jaket kulit, pastikan untuk memilih jenis extra-virgin.

Minyak zaitun extra-virgin diproses secara minimal. Oleh karena itu, minyak ini mengandung lebih banyak antioksidan daripada jenis minyak zaitun lainnya.

Karena warnanya yang gelap, kita mungkin perlu menguji minyak zaitun di tempat yang tersembunyi sebelum mengoleskannya pada jaket kulit.

Terlebih minyak zaitun juga dapat menodai jaket kulit. Jadi dengan mengujinya di tempat yang tersembunyi, maka kita bisa melihat secara langsung apakah minyak zaitun akan menyebabkan noda atau tidak.

Cara mengujinya cukup oleskan sedikit minyak zaitun ke area yang tersembunyi dan tunggu sekitar setengah jam atau lebih.

Selama tidak ada noda zaitun setelah jangka waktu tersebut, maka aman untuk mengoleskan minyak zaitun pada bagian jaket kulit lainnya.

Baca juga: Cara Merawat Jaket Kulit dengan Baby Oil

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com