Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Jaket Kulit Bisa Dijemur di Bawah Matahari?

Kompas.com - 12/02/2024, 10:32 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam merawat jaket kulit terutama saat mengeringkannya.

Setelah jaket kulit dibersihkan, baik dengan lap basah atau direndam dengan pembersih, kita pasti ingin mengeringkannya.

Tapi apakah sebenarnya jaket kulit bisa dijemur, terlebih di bawah sinar matahari? Nah, untuk mengetahuinya simak penjelasan berikut ini.

Apakah jaket kulit bisa dijemur di bawah matahari?

Pilihan pertama untuk mengeringkan jaket kulit adalah dengan menyeka air dengan lap dan biarkan jaket kulit yang basah mengering secara alami.

Dikutip dari laman Buffalo Jackson, Senin (12/2/2024), kita bisa menggantungnya pada gantungan yang lebar dan empuk di dalam ruangan untuk mengangin-anginkan jaket kulit.

Selain itu, dalam proses mengeringkan jaket kulit, tidak disarankan juga menggunakan panas yang tidak alami seperti pengering rambut yang bisa menyebabkan jaket cepat rusak.

Mengeringkan atau menjemur jaket kulit sebaiknya tidak dilakukan secara langsung di bawah sinar matahari.

Baca juga: 3 Cara Sederhana Membersihkan Jaket Kulit di Rumah

Dikutip dari laman Men's XP, Senin (12/2/2024), paparan langsung terhadap sinar matahari berbahaya bagi produk kulit apapun.

Sinar matahari tidak hanya memudarkan warna kulit, tetapi juga menghilangkan kelembapan dan minyak alami dari kulit, sehingga menyebabkan timbulnya retakan atau pengelupasan.

Disarankan juga untuk menjauhkan jaket kulit dari segala jenis sumber yang mengeluarkan panas. Jadi, pastikan jaket kulit benar-benar mengering secara alami.

Apabila jaket kulit sudah mengering dengan sendirinya, kita bisa memberikan kondisioner, body lotion, atau bahan pelembap khusus untuk melindungi jaket kulit.

Mengoleskan sedikit body butter atau pelembap lain juga dapat membantu mempertahankan minyak demi mencegah kulit mengering dan retak.

Baca juga: Aturan Memakai Jaket Kulit untuk Tampil Lebih Keren

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com