Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/02/2024, 21:10 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memahami cara menyimpan jaket kulit yang benar adalah kunci agar koleksi jaket kita tidak mudah rusak dan lebih awet.

Banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa menyimpan jaket kulit di sembarang tempat, seperti di lantai, dapat membuat jaket cepat kotor dan mungkin terkena jamur.

Baca juga: 3 Cara Sederhana Membersihkan Jaket Kulit di Rumah

Cara menyimpan jaket kulit

Pemilik Leather Spa di New York, Amerika Serikat, David Mesquita pun membagikan beberapa tips menyimpan jaket kulit yang tepat, yakni:

1. Pastikan jaket dapat bernapas di dalam lemari

Tidak ada salahnya menyimpan jaket kulit di bagian belakang lemari. Namun, pastikan jaket diberi ruang untuk bernapas secara alami.

Jangan menjejalkannya ke dalam lemari yang penuh sesak atau menyimpannya dalam keadaan terlipat di bawah mantel dan sweater yang tebal.

Sebab, bekas lipatan jaket kulit biasanya tidak dapat disetrika. Jadi, hindari tekanan yang tidak semestinya untuk jangka waktu yang lama.

Baca juga: 5 Warna Pakaian yang Bisa Menyembunyikan Noda Keringat

Agar jaket kulit tetap segar dan tidak bau apek, pertimbangkan untuk menyimpan sekotak baking soda atau pewangi di dalam lemari.

2. Gunakan gantungan kayu, bukan kawat logam

Ilustrasi menggantung jaket kulit dengan gantungan kayu.Shutterstock/New Africa Ilustrasi menggantung jaket kulit dengan gantungan kayu.

Jangan pernah menggantung jaket kulit pada gantungan berbahan kawat logam atau gantungan tipis.

Sebaliknya, belilah gantungan kayu dengan penyangga bahu yang memadai.

"Saya tidak akan membiarkannya berada di gantungan yang tipis terlalu lama karena akan meregangkan bahu dan meninggalkan bekas," kata Mesquita seperti dikutip dari laman Gear Patrol, Minggu (11/2/2024).

Menurutnya, cara terbaik untuk menyimpan barang berbahan kulit adalah di dalam tas kain yang kita dapatkan saat membeli jaket.

Baca juga: 5 Kekeliruan Saat Mengenakan Pakaian Putih

Sebab, tas tersebut memungkinkan jaket mendapatkan ruang bernapas.

"Jangan sampai menyimpan jaket kulit di tempat di mana ada kelembapan atau uap air yang terperangkap di dalamnya," saran dia.

3. Berikan lapisan perlindungan

Ilustrasi membersihkan jaket kulit dengan menggunakan pembersih kulit.The Spruce Ilustrasi membersihkan jaket kulit dengan menggunakan pembersih kulit.
Bahan kulit pada jaket juga perlu mendapatkan lapisan perlindungan agar tidak menjadi kering.

Mesquita merekomendasikan untuk menyemprotkan air dan pelindung noda ke jaket, terutama jika jaket tersebut terbuat dari bahan suede.

"Jika jaket sering dipakai, maka kita harus melakukan perawatan secara berkala," terangnya.

Baca juga: 5 Acara di Mana Kita Sebaiknya Tidak Mengenakan Pakaian Hitam

Kita juga harus selalu dapat melihat jaket kulit, apakah sudah mulai memudar.

Sebab, itu bisa menjadi tanda bahwa jaket perlu dioleskan pelembap.

Namun, pelembap juga bisa membuat warna jaket kulit menjadi lebih gelap. Jika kita tidak yakin berapa banyak yang harus digunakan, tanyakan hal ini pada ahli atau tempat kita membeli jaket tersebut.

@kompas.lifestyle Siapa nih yang doyan begadang? Kalo kamu sering melakukannya, sekarang saatnya coba untuk berhenti. Kenapa, ya? Tonton videonya sampai habis buat tahu penjelasan dari dokter. Jangan lupa follow @kompaslifestyle biar nggak ketinggalan update informasi seputar gaya hidup. #begadang #kulitkusam #penuaan #penuaandini #lifestyle ? original sound - TS sped up

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com