Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari 7 Minuman Ini Saat Sedang Diet

Jumlah kalori yang dikonsumsi juga menjadi hal penting. Minum minuman dengan kandungan gula tinggi bisa menambah banyak ekstra kalori dan bisa menggagalkan usaha diet.

Jadi, usahakan menghindari 7 jenis minuman ini ketika diet.

1. Soda

Selain mengandung banyak gula yang tidak perlu dan berkalori tinggi minuman bersoda juga tidak mengenyangkan.

Ahli diet asal New York, Natalie Rizzo, MS, RD menjelaskan, ketika kita mengkonsumsi soda ditambah dengan makanan, maka kalori yang dikonsumsi menjadi ganda. Ini tergantung pula dengan ukuran soda yang kita konsumsi.

Segelas soda tentunya tidak berbanding dengan usaha penurunan berat badan kita, bukan?

2. Diet soda

Sebuah riset terbaru mengindikasikan bahwa pemanis buatan bisa meningkatkan rasa lapar.

"Karena itu, minum diet soda bisa menyebabkan kelebihan kalori dan merusak usaha penurunan badanmu," kata Natalie.

3. Cocktail

Cocktail mungkin terdengar sangat segar jika diminum ketika cuaca panas. Tapi, ada satu hal yang perlu diperhatikan dari minuman ini, yaitu kandungan gulanya.

Mungkin kita meminumnya tak sesering orang mengkonsumsi soda, namun cocktail sebaiknya dihindari agar usaha penurunan berat badanmu tak terganggu.

4. Minuman tinggi gula

Minuman yang dicampur dengan banyak gula, seperti vanilla latte, caramel macchiato, dan minuman manis lainnya otomatis mengandung tinggi kalori. Jika kamu sedang berusaha diet, hindari minuman-minuman tersebut atau gantilah gula dengan susu skim.

5. Es teh manis

Teh manis juga bisa mengandung sekitar 100 kalori dan 20 gram gula. Jika ingin mengkonsumsi es teh, pilihlah teh tawar tanpa pemanis atau tambahkan pemanis lewat perasan lemon.


6. Minuman olahraga

"Terkadang, orang mengkonsumsi minuman olahraga ketika sebetulnya tak dibutuhkan," kata ahli diet Jillian Kubala, MS, RD.

Bagi para atlit, mengganti kembali cairan elektrolit, menghidrasi kembali tubuh dan mengkonsumsi sumber karbohidrat sangatlah diperlukan.

Meski begitu, orang yang suka pergi ke gym dan hanya berolahraga satu jam, air putih sudah sangat cukup untuk menghidrasi.

Minuman olahraga tidak disarankan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Minuman ini seringkali mengandung gula tinggi yang tidak baik untuk kesehatan dan bisa menambah berat badan.

7. Smoothies

Smoothies yang dijual di toko pangan dan mini market biasanya mengandung banyak gula. Mengkonsumsi satu atau dua porsi smoothies per hari bisa mengganggu usaha penurunan berat badanmu.

Jillian menyarankan untuk membuat smoothie sendiri di rumah dan hanya menggunakan secangkir buah. Kemudian, tambahkan sayuran hijau dan sumber protein. Sebagai perasa sekaligus pengganti pemanis, campurkan dengan susu almond.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/24/074338420/hindari-7-minuman-ini-saat-sedang-diet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke