Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cegah Botak, Konsumsi Makanan yang Menutrisi Rambut

KOMPAS.com - Kebotakan merupakan momok yang ditakuti banyak pria. Namun, seiring pertambahan usia, rambut yang menipis bahkan botak terkadang sulit dihindari.

Selain penuaan, kebotakan juga bisa datang lebih awal karena pola makan yang keliru. Apa yang kita makan juga mempengaruhi kecepatan pertumbuhan rambut.

Protein, lemak, vitamin dan mineral sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat. Itu sebabnya kita perlu mengonsumsi beragam makanan karena variasi nutrisinya.

Berikut lima jenis makanan yang dapat membantu rambut tumbuh kuat dan sehat, terutama jika sebelumnya kita mengalami kekurangan nutrisi.

1. Telur

Bitoin, senyawa dalam telur, dipercaya sebagai senyawa atau mineral yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Suplemen penumbuh rambut juga seringkali mengandalkan bitoin untuk merangsang pertumbuhan rambut. Kita bisa memilih mengonsumsi telur untuk mendapatkannya karena harganya tentu lebih murah. Selain itu, dalam telur juga terkandung nutrisi lain.

2. Kacang brasil

Dalam sebuah artikel di Medical News Today, kacang brasil diketahui kaya akan kandungan selenium atau mineral yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Para ilmuwan percaya ini rambut yang baru terbentuk mengambil selenium setelah menerima elemen jejak dari darah.

Namun, jangan berlebihan mengonsumi kacang brasil karena terlalu banyak selenium dapat menyebabkan rambut rapuh dan rambut rontok. Terlalu banyak selenium juga bisa membuat kita merasa mual.

Batas maksimal untuk mengonsumsi selenium adalah 400 mikrogram atau sekitar empat kacang brasil per hari.

3. Minyak ikan

Lemak sehat adalah bagian penting dari setiap diet sehat. Asam lemak omega 3, yang merupakan salah satu jenis lemak sehat, sangat baik untuk jantung, kulit, mata dan rambut.

Jika ingin rambut tumbuh lebat dan sehat, konsumsilah ikan yang kaya akan omega 3, seperti salmon atau pun ikan kembung.

4. Makanan yang kaya Vitamin D

Beberapa penelitian menunjukkan vitamin D dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Vitamin D juga penting untuk fungsi otot, saraf, dan sistem kekebalan tubuh. Ada banyak makanan ringan olahan yang kaya akan Vitamin D. Berikut makanan tersebut:

  • Sereal
  • Jus jeruk
  • Yogurt
  • Margarin
  • Minuman kedelai

5. Makanan mengandung L-lisin

Sejumlah penelitian telah membuktikan asam amino seperti L-lysine dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Ini tidak mengherankan karena L-lysine ada di akar rambut dan berperan dalam pembentukan dan peningkatan volume rambut kita.

Kekurangan L-lisin dapat menyebabkan kerontokan rambut. Jadi, mencukupi asupan asupan asam amino ini dapat mencegah kerontokan dan meningkatkan pertumbuhan rambut secara teratur.

Kita bisa mencukupi kebutuhkan L-lisin dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut:

  • Daging
  • Telur
  • kacang polong
  • Lentil
  • kacang-kacangan
  • spirulina

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/05/01/100000920/cegah-botak-konsumsi-makanan-yang-menutrisi-rambut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke