Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Atur Berat Badan dengan Membuat Jurnal Makanan

KOMPAS.com - Meluangkan waktu sedikit setiap hari untuk menuliskan apa yang kamu makan dan minum terbukti membantu menurunkan berat badan.

Seperti dilansir laman Health Cleveland, dalam sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Obesity, 142 orang yang kelebihan berat badan atau obesitas membuat jurnal apa saja yang mereka makan dan mengadakan sesi kelompok online tentang strategi penurunan berat badan selama enam bulan.

Hanya butuh 15 menit setiap hari untuk mencatat makanan, dan mereka yang melakukannya mengalami penurunan bobot paling banyak.

"Orang-orang yang secara konsisten membuat catatan, kehilangan berat badan lebih banyak daripada mereka yang tidak," kata Leslie Heinberg, Direktur Enterprise Weight Management. 

Menurut Heinberg, studi ini memperkuat apa yang sudah diketahui para ahli selama bertahun-tahun, yakni membuat jurnal makanan adalah cara efektif untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Ia menyebut, mengubah gaya hidup akan terasa sulit jika tidak memiliki data. Oleh karena itu, catatan harian dianggap sebagai "GPS" yang bisa membimbing orang ke tempat yang mereka butuhkan.

Heinberg menambahkan, kunci kesuksesan adalah mengikuti jurnal makanan seiring waktu. Yang penting dilakukan konsisten, seperti halnya menyikat gigi yang sudah jadi rutinitas.

Sebagian besar dari kita menghabiskan lebih dari 15 menit sehari di media sosial dan email. Kita pun bisa memanfaatkan aplikasi untuk membuat proses pencatatan lebih mudah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/05/09/160000220/atur-berat-badan-dengan-membuat-jurnal-makanan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke