Salin Artikel

11 Macam Buah yang Bantu Turunkan Berat Badan

KOMPAS.com - Salah satu cara menurunkan berat badan adalah mengganti camilan berkalori tinggi dengan makanan lebih sehat seperti buah.

Ahli gizi Maggie Michalczyk, MS, RD mengatakan, buah adalah pilihan yang bagus untuk menurunkan berat badan.

Sebagian besar buah memiliki kandungan air yang tinggi sehingga membantu memberikan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Buah juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, meskipun rasanya manis, kandungan gula pada buah adalah gula alami. Jenis gula ini lebih mudah dikontrol oleh tubuh.

Beda halnya dengan kandungan gula tambahan yang ditemukan pada makanan olahan atau camilan manis. Jenis gula tersebut dapat menyebabkan lonjakan gula darah sehabis dikonsumsi.

Namun untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, buah harus dikonsumsi dengan benar. Hindari menjadikan buah sebagai jus, lebih baik makan buah secara utuh.

Di sisi lain, sejumlah buah dapat membantu menurunkan berat badan. Berikut ulasannya seperti dilansir Men's Health.

1. Nanas

Rasanya yang manis dapat membantu memenuhi keinginan untuk konsumsi gula. Tambahkan nanas ke dalam smoothie atau makan secara utuh.

2. Semangka

Kandungan air pada semangka sangatlah tinggi, mencapai 92 persen. Air buah semangka membantu memberikan rasa kenyang.

Selain itu, di dalam semangka terdapat antioksidan likopen yang dapat melindungi pria dari kanker prostat.

3. Jeruk bali

4. Pir

Satu buah pir mengandung enam gram serat yang membantu memberikan rasa kenyang. Pir juga merupakan sumber potasium yakni mineral penting untuk membangun otot yang aktif.

5. Alpukat

Tak hanya itu, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang sangat bagus untuk jantung. Ada pula kandungan vitamin E dan kalium.

6. Bluberry

Blueberry adalah sumber serat yang baik sehingga menciptakan rasa kenyang. Buah ini bisa dijadikan camilan yang praktis dan mudah atau ditambahkan ke smoothie.

7. Raspberi

Sama seperti blueberry, raspberi juga merupakan sumber serat yang baik. Satu cangkir raspberi mengandung 8 gram serat yang membuat perut kenyang.

Terutama jika raspberi dikonsumsi bersama sumber protein seperti kacang-kacangan, atau selai kacang.

8. Stroberi

9. Jeruk

Jeruk merupakan buah rendah kalori yang banyak mengandung vitamin. Jeruk dapat menghidrasi tubuh dan apabila dikonsumsi dengan protein membuat perut kenyang.

10. Apel

Konsumsilah apel bersama dengan kulitnya untuk mendapatkan manfaat maksimal. Kulit apel mengandung serat yang tinggi.

Makan apel bersamaan dengan telur rebus atau sepotong daging putih. Ini bisa menjadi camilan yang baik karena mengandung protein dan serat.

11. Mangga

Mangga termasuk buah yang dapat membantu menurunkan berat badan. Mangga adalah buah rendah kalori yang mengandung serat, vitamin C, dan folat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/25/094653020/11-macam-buah-yang-bantu-turunkan-berat-badan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.