Salin Artikel

Tengok, Inspirasi Makanan Sehat Tanpa Perlu Repot Dimasak

Berusaha untuk mengurangi kontak dengan orang luar juga membuat kita terkadang harus mencoba memasak makanan sendiri.

Sayangnya, tak semua hasil eksperimen masakan bisa berhasil dalam sekali coba. Tentu akan sedikit menjengkelkan jadinya. Bahkan, bisa mengganggu suasana hati.

“Tetapi, kita pasti dapat membuat makanan yang benar-benar memuaskan dan lezat dari apa yang biasanya kita anggap sebagai makanan ringan.”

Begitu kata Rachael Hartley, R.D., konselor makan intuitif bersertifikat dan pemilik Rachael Hartley Nutrition.

"Perbedaan antara makanan ringan dan makanan berat sebenarnya lebih pada sifat budaya daripada menyangkut nutrisi yang terkandung di dalamnya," kata Hartley.

Sebenarnya, kita bisa saja makan sekitar tiga kali sehari tanpa diselingi camilan, asalkan makanan yang disantap mengenyangkan.

Makanan bisa terasa mengenyangkan jika makanan yang kita mengambil asupan yang mengandung berbagai nutrisi.

Hartley merekomendasikan untuk memakan makanan yang bervariasi serta seimbang antara lemak, protein, karbohidrat, dan serat.

“Saya suka mengambil piring makan berukuran normal dan menempatkan makanan di dalamnya dengan cara searah jarum jam.”

Begitu penjelasan Cara Harbstreet, M.S., R.D., L.D., dari Street Smart Nutrition.

“Melakukan cara itu membantu saya memastikan bahwa saya mengonsumsi berbagai kelompok makanan, yang bisa dibedakan dari tekstur dan rasanya."

Nah, berikut ini inspirasi makanan sehat yang bisa kita konsumsi tanpa harus ribet memasaknya, dan tentu juga anti gagal.

1. Yogurt Bowl

Ahli gizi, pelatih pribadi, dan pelatih kebugaran Maxine Yeung mengaku suka membuat yogurt "sundae" untuk makanan yang tidak dimasak.

Menu ini tergolong praktis untuk memerangi rasa lapar, dan saat menginginkan sesuatu yang manis.

Dalam menu ini, kita bisa menaburi yogurt tawar dengan sesendok selai kacang dan irisan pisang, bersama dengan kenari atau almond cincang.

Sedangkan Harbstreet mengaku lebih suka menambahkan yogurt dengan muesli -sereal alami bebas lemak- hangat. Ditambah gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah kering, ditambah segenggam buah segar.

Sementara, Hartley memilih kombinasi granola, buah segar, dan kacang-kacangan dalam menu ini. Dia kemudian menambahkan madu atau sirup maple untuk rasa manisnya.

2. Smoothie

Yasi Ansari, Jurubicara media nasional untuk Akademi Nutrisi dan Diet serta Asisten Direktur Performance Nutrition untuk UC Berkeley Athletics, memiliki cara sendiri dalam menciptakan menu sarapan yang mengenyangkan dan memberi energi.

Dia suka memadukan kefir dengan pisang, beri, granola, dan selai kacang.

Kita dapat menggunakan buah segar atau beku sesuai dengan selera, dan jangan ragu untuk menambahkan yogurt, keju, atau susu kefir.

Susu kefir adalah minuman kental yang dibuat dengan cara fermentasi susu dan biji kefir, biasanya dibuat dari susu sapi atau kambing.

Kita juga bisa menambahkan kacang utuh atau pun muesli sebagai topping.

3. Sereal 

Semangkuk sereal dengan susu memang enak. Namun, jika kita menambahkan topping yang berlimpah maka anak mengenyangkan.

Selain mengenyangkan, makanan ini akan terasa enak, sekaligus bergizi, hingga bisa dipakai untuk menu makan malam. 

Scritchfield suka menambahkan kacang-kacangan atau biji-bijian (almond cincang, pecan cincang, biji bunga matahari panggang) dan buah segar atau kering (irisan stroberi, kismis, cranberry kering) ke atas serealnya dengan dua persen susu. 

Mau mencoba?

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/31/142316920/tengok-inspirasi-makanan-sehat-tanpa-perlu-repot-dimasak

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.