Salin Artikel

Pentingnya Mikronutrien untuk Meningkatkan Imun di Masa Pandemi

KOMPAS.com - Menambahkan asupan mikronutrien ke dalam makanan kita di masa pandemi Covid-19 ini sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mikronutrien memiliki peran yang sangat besar dalam respons kekebalan dan kesehatan kita secara keseluruhan.

Maka dari itu, kita juga perlu benar-benar memahami jenis mikronutrien yang tersedia dan dampaknya terhadap tubuh.

Untuk saat ini, terdapat beberapa jenis mikronutrien yang banyak dianjurkan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti vitamin A, C, D, dan zinc.

Zinc

Dokter spesialis penyakit endokrin dan metabolik yang berbasis di India, Dr Manoj Chadha, mengatakan bahwa zinc adalah salah satu mikronutrien yang diremehkan sebelum pandemi ini terjadi.

Menurut dia, banyak dokter yang lebih meresepkan vitamin A, C, dan D kepada para pasiennya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

"Ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa zinc juga merupakan elemen penting dalam membangun kekebalan tubuh," terangnya.

"Zinc adalah bahan penting dalam obat antivirus dan antibiotik, yang juga dikenal bertindak sebagai agen pencegahan dan terapi untuk melengkapi pengobatan Covid-19," tambah dia.

Sehingga, ada kemungkinan bahwa kekurangan zinc dapat menjadi faktor tambahan potensial yang memengaruhi orang untuk terinfeksi Covid-19.

Kita bisa menemukan zinc dari berbagai sumber makanan alami seperti biji-bijian, kacang-kacangan, susu, telur, maupun daging.

Di samping itu, kita juga disarankan untuk memastikan tubuh mendapatkan jumlah zinc yang diperlukan dengan dukungan suplemen tambahan.

Vitamin A, C, dan D

Sebuah studi di International Journal of Research and Orthopaedics menunjukkan bahwa dari 4.624 orang yang disurvei, hampir 77 persennya kekurangan vitamin D.

Padahal kekurangan mikronutrien ini bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan akut.

Sebenarnya beberapa makanan seperti produk susu, sereal, dan ikan berminyak memiliki kandungan vitamin D.

Sementara itu, vitamin A memainkan peran utama dalam pengaturan kekebalan bawaan, sedangkan vitamin C dapat menurunkan kerentanan terhadap infeksi virus pernapasan, serta pneumonia.

Studi berbeda tentang efek mikronutrien ini pada tubuh menunjukkan bahwa ketiganya dapat membantu dalam pencegahan dan mempercepat penyembuhan Covid-19.

"Yang penting untuk diperhatikan adalah bahwa kebutuhan akan mikronutrien sekarang lebih tinggi dari sebelum terjadinya pandemi," ujar Dr Chadha.

"Oleh sebab itu, memastikan bahwa kita melengkapi mikronutrien tersebut dalam makanan kita adalah cara yang baik untuk memulai perjalanan hidup yang lebih sehat," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/26/143803620/pentingnya-mikronutrien-untuk-meningkatkan-imun-di-masa-pandemi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.