Salin Artikel

Waktu Ideal Jeda Bangun Tidur dan Minum Kopi Pagi

KOMPAS.com - Konsumsi kopi di pagi hari bagi sebagian orang adalah rutinitas yang dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Setelah menyeruput kopi pagi mereka pun merasa siap menjalani hari.

Namun, perlu diketahui bahwa ada baiknya kita memberikan jarak dari waktu bangun pagi  dengan minum kopi

Ada beberapa alasan kita perlu menunda secangkir kopi pertama kita di pagi hari. Salah satunya hal ini dapat membantu memperpanjang efek kafein sebagai pendorong yang membuat kita lebih waspada.

Selain itu, ini semua ada kaitannya dengan kortisol, hormon stres yang secara alami dilepaskan oleh tubuh setiap pagi, bersama dengan adrenalin. Hormon ini memberi kita energi dan membuat kita tetap berkonsentrasi dan waspada.

"Kortisol biasanya mulai meningkat sekitar jam 4 pagi, seperti halnya epinefrin (adrenalin), untuk membuat kita siap untuk menjalani hari itu," kata Steven Gundry, MD, ahli bedah kardiotoraks.

"Keduanya menyebabkan gula darah naik, jadi kita punya banyak bahan bakar yang tersedia."

Jika kita menambahkan energi alami yang kita dapatkan dari kafein, kedua stimulan tersebut sebenarnya dapat berbenturan dan membuat kita justru merasa lebih gelisah dari biasanya.

"Ada beberapa studi yang menyebutkan, tidak mengombinasi kafein dan puncak waktu kortisol sehingga tidak saling berhadapan dan memiliki efek negatif dalam tubuh [seperti kegelisahan]," kata Tracy Lockwood Beckerman, ahli gizi di New York.

"Pada dasarnya kita ingin kafein dalam kopi berfungsi sebagai pemeran utama dan tidak terpengaruh oleh efek kuat kortisol," ungkap Laura Cipullo, ahli diet dan penulis Women's Health Body Clock Diet.

Karenanya, batasi minum kopi saat baru bangun tidur.

Cipullo menyarankan kita untuk mengonsumsi kopi sekitar tiga hingga empat jam setelah bangun tidur, masa ketika kadar kortisol mulai turun.

Namun, apabila kita merasa jeda itu terlalu lama, kita bisa mengikuti saran dari Beckerman yang membolehkan untuk mengonsumsi kopi sekitar satu jam setelah bangun tidur.

Kewaspadaan dan konsentrasi yang diturunkan dari kortisol cenderung memuncak 30 hingga 45 menit setelah bangun tidur. Oleh karena itu, menunggu sekitar satu jam akan memberi kita efek kafein yang sebenarnya.

Selain untuk mengoptimalkan peran kafein, menerapkan waktu tunggu minum kopi setelah bangun tidur juga baik untuk mencegah penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan.

Lebih jauh lagi, minum kopi di pagi hari saat perut kosong dan dilakukan terus menerus maka akan merusak sistem pencernaan, mengubah sistem saraf, dan membuat ritme sirkadian kita rusak.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/02/090809020/waktu-ideal-jeda-bangun-tidur-dan-minum-kopi-pagi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.