Salin Artikel

Tips Memilih Semangka yang Manis, Apa yang Harus Diperhatikan?

KOMPAS.com - Semangka adalah salah satu buah yang cocok dimakan saat udara panas, apalagi jika rasanya manis dan menyegarkan.

Masalahnya tidak semua semangkan terasa manis. Kadang kita justru memilih semangka yang rasanya hambar.

Nah daripada menyesal, ada baiknya kita belajar cara memilih semangka yang matang sempurna sehingga rasanya manis, dari beberapa tanda berikut.

1. Lihat pola garis semangka

Kita bisa memilih semangka yang memiliki pola garis yang kuat dan konsisten. Garis-garis hijau harus berwarna hijau tua, sedangkan garis-garis pucat harus berwarna krem, kuning muda.

Selain itu, kita sebaiknya memilih semangka yang tampak kusam, karena yang tampak sangat mengkilap, justru kemungkinan belum matang.

2. Temukan titik bidang semangka

Tanda ini menunjukkan di mana semangka berada di tanah saat matang. Direkomendasikan untuk memilih warna bintik yang krem dan kuning.

Jika warnanya putih atau kuning muda, kemungkinan rasanya tidak enak karena hambar.

3. Lihat tangkainya

Untuk memilih semangka yang matang, kita bisa memeriksa tangkainya. Sebaiknya kita memilih tangkai yang kering dan berwarna kuning kecokelatan.

Apabila tangkainya berwarna hijau, ini kemungkinan menandakan bahwa semangka belum matang dan rasanya kurang manis.

4. Ketuk semangka

Mengetuk semangka bisa membantu kita memilih semangka terbaik. 

Ketuk semangka dan dengarkan suara yang dihasilkannya. Jika nada terdengar dalam dan cekung, itu menunjukkan bahwa buah memiliki lebih banyak air dan kemungkinan lebih matang.

Sebaliknya, jika ketukan kita terdengar lebih padat atau datar, itu mungkin pertanda bahwa kulit semangka tersebut terlalu tebal dan buah tersebut belum matang sepenuhnya.

Bintik-bintik yang kering kaena cuaca dan garis anyaman seperti pembuluh darah adalah indikator bagus dari semangka yang ekstra manis.

Bintik-bintik ini menunjukkan di mana gula telah merembes keluar dari buah. Jadi, pastikan untuk memeriksa semua sisi semangka sebelum berkomitmen membelinya.

6. Pilih yang terberat untuk ukurannya

Cobalah untuk mengangkat sejumlah semangka yang ukurannya sama. Cari yang terberat di antaranya.

Saat diangkat, semangka yang baik seharusnya terasa lebih berat daripada yang terlihat. Semakin padat ukurannya, semakin tinggi kadar airnya, dan menghasilkan semangka yang lebih manis.

7. Perhatikan bentuknya

Carilah semangka yang bentuknya lebih bulat dan lebih merata, bukan yang oval. Semangka yang bulat rasanya lebih manis, sedangkan yang lebih lonjong cenderung berair dan kurang beraroma.

Selain itu pastikan juga untuk memeriksa permukaannya apakah ada benjolan atau bagian yang tidak beraturan, apabila ada, sebaiknya jangan dipilih.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/22/124016720/tips-memilih-semangka-yang-manis-apa-yang-harus-diperhatikan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.