Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Langkah Mudah Memulai Program Diet Menurunkan Berat Badan ala Adele

KOMPAS.com - Memulai program diet untuk menurunkan berat badan adalah hal yang amat sulit dilakukan.

Seringkali, kita tergoda menunda jadwal berolahraga atau mengatur menu makan karena rasa malas tersebut. Alhasil, berat badan tak juga turun dan malah cenderung bertambah karena gagal memulai kebiasaan baik.

Fenomena ini pula yang menjadi inspirasi istilah 'diet mulai besok' yang banyak digunakan anak muda sekarang.

Namun, penyanyi Inggris, Adele membuktikan ia berhasil mengenyahkan rasa malas tersebut ketika mulai memulai pola hidup sehat. Hasilnya, ia sukses menurunkan bobot tubuhnya, yang dulunya berisi menjadi jauh lebih ramping.

Perubahan fisiknya yang tergolong drastis ini salah satunya dibantu oleh Pete Geracimo, pelatih kebugaran pribadinya. Ia mendampingi peraih Grammy ini mulai rutin berolahraga pada periode 2012 sampai 2016 lalu.

"Ketika Adele dan saya memulai program bersama, tujuannya bukan menjadi sangat kurus, ini tentang membuatnya sehat. Terutama pasca kehamilan dan pasca operasi," ujarnya, dikutip dari Insider.

Menurutnya, Adele memulainya dengan rutin berolahraga dan membuat pilihan makanan yang lebih sehat. Transformasi tubuh yang dialaminya hanyalah bonus dari perubahan gaya hidup tersebut, tambah Pete.

Tips memulai diet menurunkan berat badan

Pete Geracimo mengatakan menurunkan berat badan adalah hal yang baik untuk dilakukan, khususnya dengan berolahraga dan makan sehat. 

Namun ia menyarankan tidak menjadikannya sebagai target utama demi penampilan semata. Lebih baik lagi jika tujuannya adalah mendapatkan tubuh yang lebih bugar dan menjaga kesehatan.

Sabar menjalani proses

Selain itu, Pete juga mengingatkan pentingnya menghargai proses sehingga kita tidak terburu-buru.

Hasil akhir yang terlalu cepat biasanya tidak bertahan lama sedangkan proses yang lambat dan bertahap cenderung bertahan lebih lama.

"Saran utama saya kepada siapa pun yang ingin membuat perubahan yang sehat pada diri mereka sendiri adalah berkomitmen penuh pada seluruh proses dan di atas segalanya untuk bersabar," katanya.

Ia mengatakan metode transformasi tubuh yang dijalani Adela juga tidak sulit untuk dilakukan. Hanya membutuhkan keyakinan, konsistensi dan disiplin dalam menjalani rutinitas tersebut.

Selain itu, ada tiga kunci utama yang menjadi rahasis kesuksesan Adele menjadi lebih sehat yakni:

Lakukan dengan hati senang

Tips kedua yang dianjurkan untuk berdiet adalah olahraga dengan hati senang dan tidak terpaksa.

"Pada akhirnya, olahraga seharusnya meningkatkan dan melengkapi kehidupan kita sehari-hari dengan membuat tugas sehari-hari menjadi lebih mudah," katanya.

Oleh sebab itu, kita dianjurkan untuk memilih jenis olahraga yang disukai bukan hanya berdasarkan efektivitasnya menurunkan berat badan. Harus ada kesenangan dan kegembiraan ketika menjalaninya.

"Tidak ada gunanya memaksa seseorang untuk melakukan sesuatu jika tidak ada kegembiraan di dalamnya - itu siksaan."

Dibandingkan suplemen, bubuk atau obat diet, ia menyarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan alami dan menjauhi pangan olahan. Kombinasikan berbagai menu yang berbeda untuk makanan yang sehat dan bervariasi.

Menu olahraga bervariasi

Salah satu saran yang diberikan untuk memulai program diet adalah tidak memaksakan harus berolahraga setiap hari. Pete menyarankan dua sampai tiga kali seminggu saja sudah cukup sebagai permulaan.

Namun pastikan untuk melakukan olahraga yang bervariasi dalam satu sesi. Misalnya saja mengkombinasikan latihan beban dengan band resistensi atau latihan beban dan tinju.

Bisa juga melakukan berbagai jenis olahraga kardio yang amat efektif untuk membakar lemak.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/08/112833920/3-langkah-mudah-memulai-program-diet-menurunkan-berat-badan-ala-adele

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke