Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Minum Air Putih Ternyata Bisa Menurunkan Berat Badan, Begini Metodenya

KOMPAS.com - Peningkatan berat badan terkadang membuat banyak orang khawatir.

Tak heran jika ada yang berusaha keras olahraga sampai melakukan diet ekstrem untuk memangkas kalori dan lemak di dalam tubuh.

Terlepas dari usaha tersebut, ternyata ada cara mudah untuk menurunkan berat badan.

Cara tersebut tak lain adalah dengan mengonsumsi air putih. Membiasakan minum air putih tak cuma mendorong penurunan berat badan, tapi juga kalori.

Bahkan diyakini kebiasaan minum air putih dapat membakar kalori seperti jogging sejauh delapan kilometer.

Berikut peran dan metode air putih dalam penurunan berat badan.

1. Minuman nol kalori

Air putih tidak mengandung kalori satu pun. Justru perannya di dalam tubuh dapat memaksimalkan pembuangan racun, membantu dalam membakar lemak dan menjaga tubuh tetap aktif.

2. Memberikan perasaan kenyang

Ketika air putih dikonsumsi dalam jumlah yang besar, hal tersebut dapat mengurangi keinginan untuk makan terus.

Saat keinginan itu berkurang, maka secara tidak langsung kebiasaan air putih itu mencegah kita makan berlebihan dan membantu menjaga berat badan tetap stabil.

3. Membantu dalam membakar lemak

Menurut Medical News Today, tanpa air, tubuh tidak dapat memiliki metabolisme lemak atau karbohidrat yang baik.

Minum cukup air sangat penting untuk membakar lemak dari makanna dan minuman, serta lemak yang tersimpan di dalam tubuh.

Terlebih pada air hangat diketahui membantu memecah tumpukan lemak di dalam tubuh. Kemudian pada gilirannya hal itu bisa membuat lemak menjadi mudah terbakar.

Mengonsumsi air hangat juga direkomendasikan para ahli untuk menurunkan berat badan. Manfaatnya akan lebih efektif ketika diminum sebelum tidur.

4. Diminum sebelum makan

Pada umumnya, air putih baik dikonsumsi 30 menit sebelum bersantap, termasuk pada saat sarapan, makan siang dan makan malam.

Dalam sebuah riset tahun 2014, oleh Scandinavian Physiological Society, 50 wanita yang menderita obesitas minum 500 mililiter dan menerapkan kebiasaan itu selama 8 minggu berturut-turut.

Hasilnya, mereka mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh dan indeks massa tubuh. Mereka kemudian juga melaporkan pengurangan nafsu makan.

5. Meningkatkan efektivitas olahraga

Salah satu komponen penting dalam setiap penurunan berat badan adalah olahraga.

Air dapat membantu otot, jaringat ikat, persendian sampai organ vital seperti paru-paru dan jantung bekerja secara efektif selama berolahraga.

Mencukupi kebutuhan tubuh dapat memaksimalkan efektivitas olahraga dalam membakar kalori sehingga membantu dalam menurunkan berat badan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/05/13/062723220/minum-air-putih-ternyata-bisa-menurunkan-berat-badan-begini-metodenya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke