Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Kuku Tumbuh Lebih Cepat dan Kuat? Coba Konsumsi 7 Makanan Ini

KOMPAS.com - Banyak orang tentunya ingin memiliki kuku yang kuat dan sehat.

Apalagi, keadaan kuku sering kali merupakan prediktor yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain memperbaiki penampilan kuku dari luar, kita pun bisa menjaga kesehatannya dari dalam melalui penerapan pola makan yang lebih sehat.

Pasalnya makanan padat nutrisi diketahui dapat memiliki dampak jangka panjang pada tampilan kuku kita yang lebih sehat.

Jadi, jika kita memiliki kuku yang lemah, rapuh, atau lambat tumbuh, memeriksa pola makan mungkin merupakan ide yang baik untuk mengatasi masalah tersebut.

Menurut ahli diet dan nutrisi, Sarah Mirkin RD, CPT, kuku sama seperti bagian tubuh lainnya yang tetap memerlukan makanan bergizi untuk berkembang.

Jika kita kekurangan gizi, vitamin, mineral, atau protein, kuku kita akan menjadi salah satu bagian tubuh pertama yang menunjukkannya.

Mirkin pun mencatat bahwa diet tinggi protein anti-inflamasi yang kaya buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan, dan lemak sehat akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan kuku untuk menjadi lebih kuat dan sehat.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, beberapa ahli membagikan sejumlah makanan yang perlu dikonsumsi untuk membuat kuku bertumbuh lebih cepat, kuat, dan sehat, seperti berikut ini.

1. Makanan yang mengandung air

Menurut penata kuku dan pendiri The Editorial Nail, Gracie J, hidrasi itu sangat penting bagi kuku.

Dia pun menyarankan kita menggunakan minyak kutikula di kuku bagian luar. Tetapi, asupan makanan yang mengandung air secara internal juga penting.

"Air atau makanan yang mengandung air dapat membantu pengiriman nutrisi, serta oksigen ke sel," katanya.

Senada dengan pernyataan tersebut, Mirkin menegaskan bahwa dehidrasi dapat menyebabkan kuku rapuh dan kering sehingga mudah patah.

"Jangan menunggu sampai kuku mengalami dehidrasi. Jadi, perbanyak minum air dan coba sertakan makanan yang menghidrasi seperti buah-buahan, sayuran, yogurt, dan sup," tambah dia.

2. Biji rami

Makanan kaya asam lemak mendorong perkembangan sel yang sehat, yang membantu pertumbuhan kuku dan rambut yang sehat.

Menurut Gracie J, flaxseed atau biji rami yang tinggi asam lemak omega-3 dan tiamin telah dikaitkan dengan perbaikan rambut maupun kesehatan kuku.

"Biji rami juga tinggi magnesium. Ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kuku dan mencegah pembentukan tonjolan di dasar kuku," ujarnya.

3. Grapefruit

Grapefruit adalah salah satu buah yang dikemas dengan berbagai nutrisi seperti vitamin A dan C, maupun serat.

Mirkin mengungkapkan bahwa kandungan antioksidannya juga membuat grapefruit menjadi pilihan yang optimal.

Selain itu, buah ini kaya akan beta karoten, likopen, dan flavonoid yang semuanya merupakan antioksidan untuk melindungi kuku dari kerusakan akibat radikal bebas.

Mirkin menjelaskan bahwa grapefruit juga tinggi kandungan air untuk membantu hidrasi.

"Ekstrak biji jeruk bali memiliki kualitas antijamur yang kuat, menjadikannya terapi alami yang efektif untuk jamur kuku dan kaki atlet," terangnya.

4. Telur

Telur adalah makanan yang sangat baik untuk membuat kuku lebih kuat dan lebih berkilau.

Menurut ahli manikur, Deborah Lippman, makanan ini kaya akan protein, vitamin D, B12, dan biotin, yang menjadikannya pilihan paling baik untuk pertumbuhan kuku.

"Karena protein membantu dalam pembentukan keratin, itu merupakan kontribusi besar dalam perkembangan kuku yang lebih kuat," kata Lippman.

"Saya suka merekomendasikan telur karena mengandung biotin yang juga membantu ketebalan kuku," sambung dia.

5. Salmon

Salmon kaya akan vitamin D, protein, biotin, zinc, tembaga, selenium, vitamin B6, B1, dan asam lemak omega-3 yang semuanya dapat memperbaiki kuku.

Mikronutrien ini pada akhirnya mencegah kuku patah, pecah, atau hancur bersama-sama.

Gracie J mengatakan bahwa salmon juga merupakan salah satu makanan yang kaya akan asam lemak dan membantu menjaga pertumbuhan sel untuk mendorong pertumbuhan kuku dan rambut yang sehat.

Sementara itu, Mirkin menambahkan bahwa salmon kaya akan vitamin B12 yang diperlukan untuk pengembangan sel darah merah yang sehat, bersama dengan daging dan produk susu lainnya.

Ada pun perubahan warna kuku — karena kekurangan vitamin B12 — mungkin berwarna cokelat atau abu-abu. Jadi, pastikan untuk memantau kuku untuk mengetahui tanda-tanda kekurangan itu.

6. Lentil

Lentil dan kacang-kacangan adalah pilihan vegan yang sangat baik untuk menjaga kuku tetap kuat dan sehat.

Makanan ini adalah sumber biotin yang fantastis, yang menciptakan manikur yang lebih panjang dan lebih tebal.

"Lentil dan kacang-kacangan mengandung zat besi yang mencegah anemia. Makanan ini juga tinggi protein yang diperlukan untuk pembentukan keratin," jelas Mirkin.

7. Nutritional yeast

Nutritional yeast atau ragi jamur adalah makanan super vegan lain yang tinggi protein, untuk pembentukan keratin.

Ini juga mengandung banyak vitamin dari B kompleks.

Menurut Mirkin, hanya 2 sendok makan ragi jamur menyediakan lebih dari tiga kali asupan vitamin B12 harian dan sekitar 69 persen dari nilai harian biotin yang dapat memberikan tambahan nutrisi untuk tubuh dan kuku.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/06/29/090900420/ingin-kuku-tumbuh-lebih-cepat-dan-kuat-coba-konsumsi-7-makanan-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke