Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Fakta Mengejutkan Cuka Sari Apel untuk Pasien Diabetes

Ada banyak faktor yang memengaruhi masalah kesehatan yang kerap disebut penyakit gula ini, salah satunya gaya hidup yang buruk.

Oleh sebab itu, penderita diabetes dianjurkan untuk lebih selektif dalam mengonsumsi makanan dan minuman karena asupan tertentu dapat memengaruhi kadar gula dalam tubuh.

Di antara berbagai makanan, cuka sari apel disebut bisa membantu mengelola penyakit diabetes tipe 2.

Benarkah demikian?

Mengendalikan konsentrasi glukosa penderita diabetes

Pada studi yang dimuat dalam jurnal Diabetes Care, ditemukan konsumsi cuka sari apel menjelang waktu tidur memengaruhi konsentrasi glukosa pasien diabetes tipe 2 saat bangun tidur.

Karena memertahankan konsentrasi gula darah merupakan hal penting bagi pasien diabetes, banyak studi dikerjakan untuk menemukan makanan dan pola diet yang bisa membantu individu dengan diabetes mengelola kondisi mereka, catat para peneliti.

Dalam studi tersebut, para peserta yang dibagi menjadi dua kelompok diminta mengikuti pola makan standar selama dua hari.

Mereka diminta mengonsumsi dua sendok makan cuka sari apel atau air sebelum tidur, dengan 28 gram keju.

Hasil studi

Para peneliti menemukan, cuka sari apel bermanfaat bagi penderita diabetes karena efek anti-glikemik dari asam asetat yang terkandung di dalamnya.

Ini dikaitkan dengan pengurangan proses pemecahan pati dan atau pengosongan lambung yang terlambat.

Dari total 29 peserta, sebanyak 10 peserta menderita diabetes tipe 2, kemudian 11 peserta memiliki resistensi insulin, dan delapan peserta lainnya tidak mengidap diabetes atau resistensi insulin.

Setiap peserta secara acak diberi cuka sari apel atau minuman plasebo dan kemudian diminta untuk mengonsumsi makanan yang terdiri dari roti bagel putih, mentega, dan jus jeruk.

Terungkap, mereka yang mengonsumsi cuka sari apel berhasil meningkatkan sensitivitas insulin dan secara signifikan mengurangi kadar glukosa darah dan insulin setelah makan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/17/104300220/simak-fakta-mengejutkan-cuka-sari-apel-untuk-pasien-diabetes

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.