Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Manfaat Minyak Zaitun untuk Menurunkan Berat Badan

Bahan alami ini kemudian bisa digunakan untuk berbagai hal, terutama memasak.

Selain memasak, minyak zaitun juga diklaim memiliki berbagai manfaat, termasuk mengurangi peradangan, mendukung kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan membantu menurunkan berat badan.

Dikutip dari Healthline, mayoritas manfaat tersebut sebenarnya diamati melalui diet ala Mediterania, pola makan dengan konsumsi buah, sayuran, whole grain, kentang, legume, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang tinggi.

Lalu, diet dengan ikan sebagai sumber protein hewani utamanya ini juga menggunakan minyak zaitun sebagai sumber lemak utamanya.

Adapun minyak zaitun sendiri mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA), yang memiliki satu ikatan karbon tak jenuh dalam komposisi kimianya dan akan cair pada suhu kamar.

Hal ini pun telah dibuktikan secara ilmiah termasuk dalam studi empat minggu yang dilakukan oleh tim peneliti dari Menzies School of Health Research, Casuarina, Australia.

Ditemukan jika pria dengan obesitas yang mengganti sumber lemak jenuh dengan lemak tak jenuh tunggal dalam pola makannya mengalami penurunan berat badan yang sedikit namun signifikan.

Selain itu, diet kaya lemak tak jenuh tunggal juga diklaim dapat mencegah berat badan meningkat dan penumpukan lemak.

Belum lagi, minyak zaitun juga kaya akan trigliserida rantai menengah (MCT), yang berperan dalam penurunan dan pemeliharaan berat badan yang sehat.

MCT diketahui merupakan trigliserida yang mengandung asam lemak yang terdiri dari 6-12 atom karbon yang dipecah lalu diserap oleh hati dan digunakan sebagai sumber energi.

Sebuah penelitian yang membandingkan MCT dengan trigliserida rantai panjang juga menemukan bahwa MCT menghasilkan produksi hormon pengatur nafsu makan tertentu yang lebih besar seperti peptida YY, yang meningkatkan perasaan kenyang.

Penelitian lainnya menunjukkan bahwa MCT dapat mendukung penurunan berat badan dengan meningkatkan pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh.

Cara memanfaatkan minyak zaitun untuk menurunkan berat badan

Minyak zaitun memang bermanfaat untuk menurunkan berat badan, meski manfaatnya akan lebih terasa jika digunakan dalam beberapa cara dan jumlah tertentu.

Misalnya, ada yang meyakini bahwa pijat minyak zaitun dapat membantu menurunkan berat badan, meski sebenarnya tidak ada penelitian yang mendukung hal ini.

Apalagi, ada beberapa studi yang menemukan bahwa pijatan itu dapat membuat bayi prematur mengalami kenaikan berat badan.

Klaim populer lainnya juga menyebutkan bahwa campuran minyak zaitun dan jus lemon dapat mempercepat penurunan berat badan.

Meski demikian, hal ini mungkin disebabkan karena minyak zaitun sering digunakan sebagai detoks yang biasanya menghasilkan asupan kalori yang sangat rendah, membuat lemak dan otot hilang.

Namun, sebenarnya minyak zaitun dalam diet sehat dikonsumsi dengan cara berbeda.

Karena memiliki 119 kalori dan 13,5 gram lemak dalam satu sendok makannya, jumlahnya pun perlu dibatasi dalam diet agar tidak meningkatkan berat badan.

Misalnya hanya dinikmati sebagai saus salad, dicampur ke dalam pasta atau sup, ditaburkan di atas pizza atau sayuran, atau dimasukkan ke dalam makanan yang dipanggang.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/12/30/054000720/simak-manfaat-minyak-zaitun-untuk-menurunkan-berat-badan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke