Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Prinsip Diet ala Ronaldo yang Mudah Ditiru agar Tubuh Tetap Bugar

Terbukti, ia disebut sebagai salah satu pesepakbola paling atletis dalam sejarah dengan kualitas fisiknya, bahkan di usia 38 tahun.

Bintang Al Nassr memastikan menu makanan yang disantapnya sehat dan kaya nutrisi sekaligus rutin melatih fisiknya.

"Saya makan makanan berprotein tinggi, dengan banyak karbohidrat gandum, buah dan sayuran, dan menghindari makanan manis," katanya, dikutip dari Goal.

Menu diet sehat ala Ronaldo, mudah ditiru

Pesepakbola Portugal ini memiliki ahli diet pribadi yang mengatur secara detail menu makananya yang mencakup enam porsi kecil sehari atau satu porsi setiap 3-4 jam.

Ronaldo menggemari ikan terutama ikan todak, kakap putih, dan ikan air tawar laut namun juga akan banyak buah-buahan dan protein tanpa lemak.

Dalam kunjungan ke restoran, mantan pemain Manchester United ini juga kerap memesan steak dan salad, yang wajib dibuat dalam kondisi segar.

Kekasih Georgina Rodríguez ini makan keju, ham, yoghurt rendah lemak, serta banyak buah dan roti bakar alpukat sebagai menu sarapannya.

Selain itu, ia menghindari alkohol dan minuman bersoda, dalam bentuk apa pun.

Berikut adalah berbagai prinsip diet ala Ronaldo yang bisa kita aplikasikan untuk pola makan yang lebih sehat.

Makan banyak protein

Ronaldo percaya latihan yang baik harus dikombinasikan dengan pola makan yang baik.

Salah satu hidangan favoritnya adalah hidangan Portugis yang disebut bacalhau à brás yakni kombinasi telur orak-arik, kentang goreng, dan potongan ikan kod asin.

Kombinasi protein dan karbohidrat sehat seperti ini memang baik untuk tubuh karena membantu menurunkan gula darah maupun berat badan.

Menghindari makanan manis

Sudah menjadi rahasia umum jika Ronaldo menjauhi makanan manis termasuk dalam pesta perayaan timnya.

Makanan manis memang dianggap sumber energi instan namun tubuh akan mulai kelelahan setelah kadar gulanya habis.

Jika kita membiasakan diri makan makanan manis, tubuh lebih berisiko terkena diabetes tipe 2 sekaligus mengganggu keseimbangan kadar gula darah dan daya tahan tubuh terganggu.

Pilihan makanan manis terbaik adalah buah karena merupakan pemanis alami yang dapat membantu mengurangi keinginan akan gula.

Tetap terhidrasi

Pada gelaran Euro 2020, Ronaldo terang-terangan menyingkirkan sebotol Coca Cola, brand soda yang jadi sponsor acara tersebut, lalu menggantinya dengan air mineral.

Aksinya itu menunjukkan pola dietnya yang sangat mementingka asupan air putih untuk hidrasi tubuh.

Ia juga tidak minum alkohol yang merupakan diuretik alami sehingga akan membuat tubuh mengeluarkan air dari sel-selnya.

Kebiasaan ini akan memberi energi pada tubuh untuk kinerja yang lebih baik, terutama jika kita berlatih fisik secara teratur.

Terkadang, dia akan makan hingga enam porsi kecil sehari untuk memastikan memiliki energi yang cukup untuk melakukan setiap sesi latihannya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/02/21/094150320/5-prinsip-diet-ala-ronaldo-yang-mudah-ditiru-agar-tubuh-tetap-bugar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke