Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awetkan Ikan dengan Racun Serangga

Kompas.com - 12/09/2008, 15:44 WIB

PADANG, KOMPAS - Perilaku pedagang ikan di Sumatera Barat masih mencemaskan. Mereka tidak sungkan-sungkan untuk mengawetkan ikan dengan bahan pengawet berbahaya, seperti formalin dan boraks. Bahkan, bahan pengawet seperti racun serangga untuk tanaman cabai juga ada yang menggunakan.

Peneliti perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta (UBH), Yempita Efendi, Jumat (12/9), mengatakan, ia pernah menemui seorang pedagang di kawasan Air Bangis, Pasaman Barat, yang dengan santainya menyemprotkan racun serangga untuk tanaman cabai pada ikan yang baru saja selesai dijemur.

Pedagang itu bilang, penyemprotan racun itu tidak apa-apa karena ikan tidak dikonsumsi oleh dirinya sendiri. Ini jelas sebuah bentuk kesadaran kesehatan yang sangat buruk, tutur Yempita.

Rendahnya kesadaran pedagang itu yang dinilai oleh Yempita sebagai faktor yang paling berperan atas maraknya penggunaan bahan pengawet berbahaya pada ikan, termasuk formalin dan boraks.

Dengan kondisi serupa ini, Yempita berharap pemerintah segera turun tangan untuk mencegah pengulangan pemakaian bahan pengawet berbahaya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com