Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY Ingatkan Empat Tahun Obama di Indonesia

Kompas.com - 05/11/2008, 14:21 WIB

JAKARTA, RABU — Dalam pernyataan pers memberikan ucapan selamat kepada Presiden terpilih Amerika Serikat, Barack Obama, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan kedekatan Obama dengan Indonesia. Sebab, masa kecil Obama dihabiskan di Indonesia selama empat tahun.

Pernyataan Presiden SBY disampaikan dalam dua bahasa sesuai dengan permintaan wartawan yang bertugas di Istana, yaitu bahasa Indonesia dan Inggris.

"Obama, dia telah menghabiskan masa kanak-kanaknya di Indonesia sekitar empat tahun. Dia mengetahui dan memahami rakyat Indonesia dan budaya Indonesia secara baik," ujar Presiden dalam jumpa pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/11).

Selama di Indonesia, Presiden Yudhoyono menyebut, Obama pernah sekolah di Sekolah Dasar Besuki, Menteng, Jakarta. Masa kecil itu diharap Presiden menjadi kenangan bagi Obama. Untuk kerja sama Indonesia dan AS ke depan, Presiden berharap dapat ditingkatkan menjadi lebih konstruktif dan adil untuk membawa manfaat yang lebih besar bagi Indonesia dan AS.

Barack Obama mencetak sejarah menjadi presiden kulit hitam pertama AS. Penghitungan CNN, Obama telah meraup 338 electoral vote dan McCain mendapatkan 160.

Electoral college terdiri atas 538 orang dari 50 negara bagian yang komposisinya sesuai jumlah perwakilan negara bagian di Kongres AS (435 anggota DPR AS/House of Representatives dan 100 anggota Senat). Untuk menjadi presiden AS, para kandidat harus mengumpulkan setidaknya 270 electoral vote.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com