Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Feng Shui untuk Meja Kerja

Kompas.com - 25/09/2009, 16:37 WIB

KOMPAS.com - Ternyata tak hanya rumah yang membutuhkan feng shui, tetapi juga ruang kerja Anda, khususnya kubikel Anda. Sebagian orang kurang mempercayai prinsip feng shui, namun jika Anda mengetahui apa yang sebenarnya ingin dicapai, Anda pasti menyadari bahwa tak ada salahnya menerapkan feng shui. Bagaimana pun, pada akhirnya, kita membutuhkan tempat kerja yang menyenangkan untuk mendapatkan suasana hati maupun kinerja yang memuaskan. Ingin tahu? Inilah empat prinsip feng shui untuk kubikel Anda: 

1. Pertahankan "qi", kurangi "sha qi"
Prinsip-prinsip feng shui adalah menciptakan harmoni antara Anda dan lingkungan Anda, meningkatkan kesejahteraan dan mengenyahkan efek negatif dari sekeliling Anda. Filosofi China kuno ini didasarkan pada pemeliharaan energi positif, yang disebut "qi", untuk menjalani hidup yang sehat dan damai. Elemen-elemen dari feng shui disebut menciptakan kemakmuran dan membina hubungan yang positif, khususnya di tempat kerja. Sebaliknya, energi negatif yang beredar di sekitar kehidupan Anda disebut "sha qi". Energi negatif ini muncul lewat tumpukan barang di sudut meja Anda, dan penataaan benda-benda di lantai (di bawah meja) yang tidak "harmonis".

2. Feng Shui meja kerja
Penempatan meja bisa sangat mempengaruhi qi dan kesejahteraan Anda di tempat kerja. Sebagai awalnya, pastikan meja kerja memiliki ukuran yang tepat untuk kegiatan Anda sehari-hari. Tempat ideal untuk sebuah meja adalah dalam penguasaan Anda, yaitu di sudut yang berseberangan dengan pintu masuk. Dengan demikian Anda dapat melihat siapa yang memasuki ruangan kantor Anda.

Jika Anda tidak memiliki ruang untuk memindahkan meja, jepit cermin kecil ke lampu meja, atau tempelkan di komputer Anda. Cermin ini akan berfungsi sebagai kaca spion, sehingga meskipun Anda duduk membelakangi pintu masuk Anda tetap dapat melihat siapa yang masuk. Mengapa begitu penting untuk mengetahui orang yang masuk ke dalam kantor? Hal ini ditujukan agar Anda tidak mengalami rasa gelisah sepanjang hari. Bila kantor Anda menerapkan prinsip-prinsip feng shui, ada baiknya ada dinding di belakang Anda. Hal ini akan memberikan energi dan dukungan untuk Anda.

3. Jangan biarkan meja berantakan
Kebanyakan kubikel menyediakan "lahan" yang terbatas, padahal meja yang dipenuhi berkas-berkas dan peralatan yang sudah tidak diperlukan dapat menghilangkan energi positif Anda. Sisihkan waktu untuk menjaga meja tetap rapi, bersih, dan harmonis. Sebab meja yang berantakan dapat mengalihkan siapa pun yang memasuki ruang kerja, dan mengurangi efisiensi kegiatan yang sedang Anda lakukan. Manfaatkan filing cabinet yang terpasang di atas dinding untuk menyimpan folder-folder dan file-file yang tidak selalu diperlukan. Kemudian, buang semua pernak-pernik yang tidak berguna, dari kartu pos bergambar lucu-lucu, brosur-brosur, atau merchandise dari berbagai tempat. Atau, masukkan saja ke dalam kotak tertutup.

4. Seimbangkan warna, cahaya, dan dekorasi
Pilih warna-warna yang menenangkan untuk kubikel Anda, yang melengkapi area kerja dan gaya pribadi Anda. Menambahkan warna adalah cara paling mudah untuk memperbaiki lingkungan kerja jika ruangan serba terbatas. Untuk menciptakan ruang kerja yang menenangkan, pilih warna biru yang lembut, hijau daun, dan ungu yang kuat. Warna-warna ini adalah pilihan yang baik, karena mendukung kesehatan dan kekuatan mental.

Bila kubikel Anda diterangi lampu pijar, cobalah untuk mengatasi cahaya yang menyilaukan mata Anda. Misalnya, dengan menempatkan kembali posisi lampu dengan bohlam berwarna penuh yang memberikan penerangan yang lebih hangat dan sehat. Jika tidak memungkinkan untuk memindahkan lampu, bawa lampu meja. Lampu meja pun dapat memberikan efek menenangkan untuk mata dan mengusir kelelahan. Kaca tembus cahaya yang tergantung di kubikel juga membantu membagi energi yang baik dan memencarkan sinar yang menyilaukan.

Bawa juga tanaman untuk meningkatkan energi natural, kreativitas, dan memacu ide-ide baru. Setiap sudut yang tajam, khususnya yang menghadap ke arah Anda, harus dilindungi dengan foto yang dekoratif, atau tanaman hijau. Untuk meningkatkan peredaran energi dan mendorong kemakmuran, bila memungkinkan, pasang hiasan air terjun mini di lingkungan Anda. Mengubah kubikel Anda yang stagnan, menjadi lingkungan yang menyenangkan, dapat membantu meningkatkan konsentrasi, mempengaruhi transaksi bisnis, dan membangunkan energi bersemangat yang sempat mati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com