Mengenal Jenis Minyak Kelapa

Kompas.com - 19/03/2010, 08:20 WIB
Editoracandra

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak produk minyak kelapa yang beredar di pasaran. Kita perlu memahami dan mengetahuinya karena berbagai produk itu diolah dengan cara yang berbeda.

Di antara beragam minyak nabati yang tersedia di pasar, minyak kelapa khususnya organik ekstra VCO mengandung MCT menduduki tempat istimewa karena mengandung asam lemak jenuh rantai sedang (MCFA) sekitar 100 persen.

Asam laurat, salah satu bagian MCFA, merupakan asam lemak rantai medium yang dapat langsung diubah menjadi energi dalam sel tubuh kita. Asam laurat juga dapat diubah menjadi senyawa monolaurin untuk meningkatkan kekebalan tubuh menghadapi virus, bakteri, dan protozoa.

Berdasar cara pembuatan, Ir. Winarno, alumnus Teknologi Pangan dari Institut Pertanian Bogor, menyebutkan setidaknya ada tiga jenis minyak kelapa.

1.    Minyak kelapa industri. Minyak ini dibuat dengan bahan baku kopra melalui proses RBC (refining, bleaching and deodorizing). Setelah kopra dipres, dibersihkan, diputihkan, lalu dihilangkan bau tengiknya. Minyak kelapa yang dijual untuk memasak kerap dicampur dengan minyak sayur lain, sehingga harganya cukup murah.

2.    Minyak kelapa kelentik
. Minyak ini dibuat dengan cara tradisional oleh para petani kelapa atau ibu rumah tangga. Caranya, dengan memasak santan kelapa hingga minyak terpisah dari blondo (karamel). Kerapkali minyak ini berwarna kuning sampai kecokelatan, akibat terkontaminasi karamel yang gosong.

3.    Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO).
Minyak ini merupakan minyak kelapa yang tidak mengalami proses hidrogenasi. Agar tidak mengalami hidrogenasi, ekstrasi minyak ini dilakukan dengan proses dingin, misalnya dengan fermentasi, pancingan, sentrifugasi, pemanasan terkendali, pengeringan parutan kelapa secara cepat, dan lain-lain.

4.    Meski Ir. Winarno tidak menyebutkan satu jenis VCO yang terakhir ini,  Anda perlu tahu bahwa ada satu produk minyak kelapa yang disebut organik ekstra mengandung MCT atau Medium Chain Triglyserides. Ini merupakan hasil pengolahan lebih lanjut dari VCO berkualitas baik melalui proses esterifikasi gliserol yang diturunkan dari minyak nabati berkadar laurat tinggi dengan asam lemak rantai sedang. Cara paling sederhana membedakan organik ekstra VCO mengandung MCT dengan VCO lain adalah dengan merasakannya. Bila VCO biasa masih terasa sebagai minyak di lidah, VCO MCT terasa seperti air. @Abd

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.