Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Kurangi Stres Kehamilan? Dengar Lagu Ini

Kompas.com - 23/10/2010, 16:28 WIB

KOMPAS.com - Seperti bayi yang belum lahir, perempuan hamil disarankan untuk mendengarkan lagu pengantar tidur. Mendengarkan melodi yang menenangkan dan suara alam sebelum tidur bisa menurunkan stres, depresi, dan kekhawatiran yang berkaitan dengan kehamilan.

Hal ini ditemukan oleh para peneliti di Taiwan. Studi ini mencakup 2 grup perempuan sedang hamil dengan rentang usia kehamilan 18-24 minggu. Satu grup diminta untuk mendengarkan CD yang berisi lagu-lagu pengantar tidur, musik klasik, suara alam, dan lagu anak-anak China selama 30 menit setiap hari.

Di saat bersamaan, para perempuan diminta untuk mencatat CD yang mereka sukai dan apa yang mereka lakukan saat mendengarkannya. Grup lainnya, diminta untuk tidak mendengarkan CD. Sebelum eksperimen, para perempuan hamil ini diukur kadar stres dan kecemasannya menggunakan sebuah alat khusus.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa level stres, depresi, dan kecemasan para perempuan yang mendengarkan musik-musik tadi menurun drastis di akhir masa penelitian. Menariknya, para perempuan di grup yang diminta mendengarkan lagu, hampir keseluruhannya sepakat menyukai jenis musik pengantar tidur macam "ninabobo" dan suara alam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com