Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kiat Agar Pasangan Tak Bertambah Gemuk

Kompas.com - 07/01/2011, 16:19 WIB

KOMPAS.com - Tak hanya perempuan yang bermasalah dengan berat badan. Coba perhatikan, laki-laki cenderung bertambah gemuk setelah menikah atau memiliki anak. Jika ini juga terjadi pada pasangan Anda, mulailah membantunya kembali bugar dengan tubuh ideal.

Sebelum mencari solusi, kenali lebih dahulu penyebab masalah kegemukan pada pria. Riset yang dilakukan Universitas Oxford menunjukkan banyak pria Inggris yang kegemukan. Jumlahnya meningkat dibandingkan 20 tahun lalu. Penyebabnya bukan hanya karena banyak makan dan kurang berolahraga. Menurut studi, sejumlah faktor lain turut memengaruhi masalah kegemukan atau bahkan obesitas pada pria. Di antaranya faktor genetik, polusi, stres, insomnia, bahkan hubungan sosial dengan teman yang menjalani pola hidup tak sehat juga berpengaruh.

Banyak cara membantu pasangan mendapatkan kembali tubuh sehat dan ideal. Jika berkonsultasi dengan pakar nutrisi atau diet tak berhasil, Anda bisa melakukan cara lain tanpa diketahuinya.

Batasi pilihan makanannya
Makanan menjadi sumber masalah jika tak dibatasi dengan benar. Ajak pasangan mengonsumsi makanan segar yang dimasak, dan bukan makanan cepat saji. Pilih daging putih daripada daging merah. Ganti pola masak daging, dengan memanggangnya dan bukan digoreng. Gunakan minyak zaitun saat mengolesi daging sebagai pengganti mentega. Untuk membuat saus pasta, sebaiknya pilih tomat segar yang dihaluskan, bukan pasta tomat kalengan. Jika bosan makan ikan yang menyehatkan, kombinasikan asupan asam lemak esensial omega 3 dengan telur, yoghurt, susu, margarin, dan roti. Sebagai alternatif lain untuk menjaga asupan omega 3, bukalah suplemen kapsul omega 3, campurkan dengan margarin dan jadikan olesan roti.

Manfaatkan semangat berkompetisi
Semua orang tentunya menyetujui, olahraga bermanfaat positif bagi kesehatan Anda dan pasangan. Namun, memotivasi pasangan untuk berolahraga tak sekadar bicara manfaat. Perlengkapan olahraga yang tak kalah keren dengan milik teman prianya juga jadi soal. Ajak pasangan berbelanja perlengkapan olahraga yang membuatnya bersemangat latihan bersama teman-temannya.

"Pria senang berkompetisi, ini sudah menjadi karakter alami. Mereka cenderung tidak terlalu bersemangat jika perlengkapan olahraga yang dimilikinya kalah bagus dengan milik teman pria lainnya," jelas psikolog Dr Michael Sinclair dari City Psychology Group, Inggris.

Ganti bir atau anggur dengan gin
Ganti kebiasaan pasangan mengonsumsi bir atau anggur dengan gin dan air tonik. Meneguk satu gelas kecil minuman beralkohol ini bernilai kalori lebih sedikit daripada segelas kecil anggur atau sebotol bir.

Olahraga bersama pasangan
Sejumlah studi menunjukkan menjalani olahraga bersama pasangan membuat perubahan sigifikan pada keduanya. Di Inggris, riset yang melibatkan 1500 pasangan yang berolahraga menunjukkan perubahan signifikan pada pria. Pria yang berolahraga bersama pasangannya ternyata memiliki jantung yang lebih sehat. Sedangkan di Amerika, dilakukan studi terhadap pasangan yang menikah dan berolahraga bersama. Hasilnya, pasangan menikah ini lebih bugar dibandingkan pasangan yang tidak berolahraga bersama.

Berikan peralatan makan berukuran kecil
Jika biasanya pasangan Anda makan dengan piring, mangkuk berukuran besar, segera ganti dengan yang baru. Berikan pasangan Anda piring makan berukuran kecil.

Riset menunjukkan seseorang cenderung akan memakan habis apa yang dilihatnya di piring. Orang dewasa, tanpa disadarinya, akan mengasup 30 persen kalori lebih banyak saat makan dengan piring berukuran besar yang penuh dengan makanan. Aturan yang sama juga berlaku pada ukuran gelas. Terutama gelas untuk minum alkohol seperti bir atau anggur. Berikan gelas berukuran kecil bagi pasangan Anda yang gemar minum alkohol, jika saat ini Anda masih belum mampu memengaruhinya untuk berhenti mengonsumsi alkohol.

Berikan efek jera
Jika masih membandel juga, berikan efek jera yang membuat pasangan Anda berpikir ulang tentang gaya hidupnya. Singkirkan pakaian dalam lamanya, ganti dengan pakaian dalam baru dengan ukuran lebih kecil, satu nomor di bawahnya. Selain itu, sediakan cermin besar untuk digunakannya saat mengenakan pakaian. Biarkan pasangan Anda melihat sosoknya yang semakin membesar. Pasangan yang berpikiran positif, akan melihat cara ini sebagai motivasi untuk mengubah gaya hidupnya lebih sehat lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com