Pilih Banyak Serat daripada Bebas Lemak

Kompas.com - 22/06/2011, 09:39 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Panik! Itulah yang terjadi saat Anda mengetahui bahwa kadar kolesterol di dalam tubuh meningkat. Kalau sudah begini, biasanya yang paling cepat dan sering dilakukan kebanyakan orang adalah menjaga pola makan. Tidak boleh makan sembarangan, bahkan kalau bisa semua makanan yang akan dikonsumsi harus bebas lemak. Maaf, kali ini Anda hanya bisa gigit jari ketika sahabat atau anggota keluarga yang lain bisa makan enak sementara Anda menonton mereka menikmatinya.

Memilih asupan makanan bagi penderita kolesterol memang sangat perlu. Namun hasil penelitian dari Standford University menemukan bahwa jika kita hanya bergantung pada makanan dengan sedikit atau bebas lemak, bahkan rendah kolesterol, maka kita baru saja melupakan betapa pentingnya asupan nutrisi pelawan kolesterol, serat atau makanan yang mengandung sterol.

Dalam waktu empat minggu, sebagian dari 120 orang responden yang diteliti melakukan diet makanan siap saji bebas lemak seperti pizza, lasagna, dan wafel beku, sementara subyek yang lain mengonsumsi makanan biasa termasuk buah, sayur, gandum, dan kacang-kacangan. Hasilnya, kadar LDL (lemak jahat) pada kelompok pemakan makanan bebas lemak hanya turun 7 poin, sementara yang memakan lengkap beserta serat turun sebanyak 14 poin!

Ingin tahu perbandingan makanan yang kaya serat dan yang rendah lemak, coba lihat panduan berikut:

Strategi rendah kolesterol      Daripada ini                                       Pilih ini
Sarapan                                       Tart buah bebas lemak                    Sereal gandum utuh
Makan siang                                Crackers dan keju bebas lemak    Secangkir sup kacang merah (rendah sodium)
Makan malam                             Lasagna beku bebas lemak           Tumis sayuran dengan beras merah
Hidangan penutup                     Cookies bebas lemak                      Buah-buahan segar

(Prevention Indonesia Online)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.