Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Senyum Hibur Anak-anak Merapi

Kompas.com - 25/07/2011, 20:25 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com--Festival Senyum Merapi yang diselenggarakan sejumlah komunitas setempat di Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu, sebagai upaya memberikan hiburan kepada anak-anak pascabencana erupsi akhir 2010 yang disusul banjir lahar beberapa waktu lalu.

"Semoga festival ini menjadikan sarana hiburan untuk warga terutama anak-anak di kawasan ini," kata Pemimpin Padepokan Prasetyo Budya Desa Sumber, Prasetyo Adi Wibawa, di Magelang, Minggu.

Festival itu diselenggarakan antara lain oleh komunitas budaya Padepokan Prasetyo Budya Desa Sumber, Palguna, Sanggar Sapu Lidi, dan masyarakat setempat secara meriah.

Mereka bersama anak-anak dan beberapa grup kesenian tradisional setempat mengenakan pakaian adat Jawa antara lain melakukan kirab budaya membawa tumpeng gunungan berupa hasil bumi, pusaka, dan sesaji dari balai desa setempat menuju padepokan di Dusun Diwak, Desa Sumber yang berjarak sekitar satu kilometer.

Mereka juga menggelar pentas kesenian rakyat seperti tarian topeng ireng, grasak, gambyong, reog, musik rebana, calung, tembang macapatan, dan wayang bocah.

Selain itu, pergelaran wayang pakeliran padat oleh dalang cilik Probo berasal dari Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sarasehan budaya.

Ia mengharapkan, festival itu menggugah semangat masyarakat terutama anak-anak untuk bangkit kembali menjalani kehidupan pascabencana Gunung Merapi. "Segera membawa masyarakat melupakan bencana dan kemudian bangkit menjalani kehidupan yang lebih baik," katanya.

Ia juga menyatakan pentingnya masyarakat memperkuat semangat hidup bersama-sama dalam suasana kekeluargaan di kawasan barat daya puncak Gunung Merapi itu.

"Berangkat dari semangat kebersamaan itu akan tercipta tatanan harmonis, saling mengisi, dan mewariskan nilai-nilai budaya dan kebaikan kepada anak-anak sebagai generasi penerus kehidupan di kawasan Merapi," katanya.

Suasana di kawasan itu terlihat meriah dengan berbagai instalasi di sekitar padepokan setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com