Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diet "Food Combining" Sulit Dipraktikkan?

Kompas.com - 10/10/2011, 17:28 WIB

T:
Bagaimana menurut dokter tentang food combining, terutama dalam hal memisahkan karbohidrat dengan protein hewani? Salahkah dengan konsep menu "4 Sehat 5 Sempurna"? Lalu bagaimana pola makan yang baik dan benar itu? Terimakasih dokter atas jawabannya. (Nan Akhla, umuahla@...)

J:
Dear Nan Akhla,
Jika berbicara mengenai pemisahan karbohidrat dengan protein dalam konsep food combining, hal ini sebenarnya sangat sulit dipraktikkan. Mengapa? Karena hampir semua bahan makanan sumber karbohidrat mengandung protein. Sebagai contoh: nasi dalam 100 gram mengandung 4 gram protein. Sebaliknya, protein hewani juga mengandung karbohidrat, seperti susu mengandung karbohidrat dalam bentuk laktosa. Oleh karena itu alangkah tidak mungkin melakukan pemisahan seperti itu.

Konsep menu "4 Sehat 5 Sempurna" sudah tidak digunakan lagi. Yang diterapkan mengenai pola makan yang terbaik dan benar adalah makan dengan menu yang lengkap dan seimbang, atau dikenal dengan istilah "balanced diet". Artinya, makanan yang kita konsumsi sehari-hari harus mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh (seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat, dan air) dan dalam jumlah yang sesuai pula dengan kebutuhan tubuh (artinya tidak berlebihan apalagi kurang).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com