Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apresiasi untuk Bidan Inspirasional

Kompas.com - 19/12/2011, 18:30 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Untuk kali ketiga, PT Sari Husada dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) memberikan penghargaan Srikandi Award. Jelang Hari Ibu pada 2011, penghargaan Bidan Inspirasional sebagai bagian dari Srikandi Award diberikan sebagai bentuk apresiasi untuk profesi bidan, yang punya andil besar meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan ibu dan anak.

Yetty Irawan, Msc, Sekretaris Jenderal IBI menjelaskan, bidan merupakan tenaga profesional yang bekerja sebagai mitra perempuan. Tugas bidan tak hanya membantu persalinan, khususnya untuk kaum perempuan di daerah dan bagi kalangan suburban. Bidan, memberikan dukungan, asuhan, nasihat, untuk ibu hamil hingga melahirkan, bahkan mendukung ibu merawat bayi.

"Bidan memimpin persalinan. Dalam ruang lingkup kerjanya, bidan mencakup empat pencapaian dalam Millenium Development Goals, salah satunya mendorong kesetaraan gender," jelas Yetti saat jumpa pers di Balai Kartini, Jakarta, Senin (19/12/2011).

Bidan Inspirasional
Tahun ini, sembilan bidan dari tiga wilayah Indonesia masuk nomine penghargaan Bidan Inspirasional sebagai bagian dari Srikandi Award 2011. IBI memilih nomine yang memenuhi tiga kategori penilaian, yakni tantangan budaya, promosi kesehatan dan pemberdayaan ekonomi.

Sari Husada dan IBI akan memilih tiga bidan terbaik dari masing-masing kategori pada acara Malam Penganugerahan Srikandi Award 2011 pada Selasa, 20 Desember 2011 di Balai Kartini.

"Srikandi Award 2011 akan memilih tiga bidan terbaik dari setiap kategori pada tahun ini, untuk penghargaan Bidan Inspirasional. Selanjutnya, tahun depan, penghargaan Srikandi Award diberikan untuk bidan terbaik yang mengirimkan proposal kepada IBI mengenai kegiatan yang mereka lakukan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan ibu. Ada 250 proposal program yang akan diseleksi tahun depan, dari 19 provinsi," jelas Yeni Fatmawati, Corporate Affairs dan Legal Director Sari Husada, kepada Kompas Female.

Nomine Srikandi Award 2011 untuk Bidan Inspirasional mendapatkan penilaian akhir dari dewan juri. Tim juri diketuai oleh dr Kartono Mohamad (Mantan Ketua Ikatan Dokter Indonesia; Dr H Abidinsyah Siregar, DHSM, Mkes dari Kementrian Kesehatan; Ninuk Mardiana Pambudi (Senior Editor Harian Kompas); Dr Harni Koesno, MKM (Ketua IBI); Diah Saminarsih (Asisten Utusan Khusus Presiden untuk MDGs); Dr Pinky Saptandari (Staf Ahli Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak).

Arif Mujahidin, Senior Corporate Communications Manager mengatakan penghargaan terhadap bidan ini merupakan bentuk apresiasi untuk segala upaya mereka di daerahnya masing-masing. Para bidan nomine Srikandi Award 2011 ini merupakan anggota IBI yang dinilai memberikan inspirasi bagi bidan lainnya, termasuk untuk generasi muda para mahasiswa kebidanan.

"Pada malam penghargaan nanti kami juga mengundang mahasiswa kebidanan untuk menunjukkan kepada mereka sosok inspiratif. Yakni para bidan muda yang melakukan berbagai hal nyata tak hanya tugas kebidanan namun menyangkut kesehatan dan kesejahteraan ibu. Seperti bidan yang mengajak ibu mengelola bank sampah, yang hasilnya dimanfaatkan untuk memenuhi kesehatan ibu hamil hingga melahirkan," jelas Arif.

Menurut Arif, para bidan terpilih adalah sosok inspiratif yang perlu diangkat ke permukaan terutama terkait sumbangsihnya. "Melalui penghargaan seperti ini mereka merasa dihargai. Apresiasi seperti ini juga dibutuhkan, untuk memberikan inspirasi bagi bidan lainnya. Mereka adalah contoh silent heroes yang tak tersentuh dengan perhatian seperti ini," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.