Multiply "Shopfest" Dibuka Hari Ini - Kompas.com

Multiply "Shopfest" Dibuka Hari Ini

Kompas.com - 25/05/2012, 11:27 WIB

KOMPAS.com - Para penggemar online shopping mulai hari ini (Jumat, 25 Mei 2012) akan menikmati pengalaman baru berbelanja online, dengan digelarnya Multiply Shopfest. Inilah festival belanja online pertama di Indonesia, yang digelar selama 14 hari (hingga 8 Juni 2012), dengan melibatkan 300 booth alias online seller, dan sekitar 7000 produk.

Shopfest kurang lebih seperti sebuah bazaar atau pameran produk lifestyle, yang biasanya diselenggarakan secara offline di gedung-gedung pameran. Namun, seluruh aktivitas akan diadakan secara online. Dan, meskipun kegiatan ini diselenggarakan oleh Multiply Indonesia, namun Anda yang bukan merupakan online seller dari Multiply pun bisa "buka stan" di sini. Begitu pula dengan pengunjung; siapa saja bisa berbelanja di arena ini.

Anda bisa memilih sendiri kategori produk yang Anda minati. Dari makanan, fashion dan aksesori untuk pria dan wanita, perlengkapan bayi dan anak, produk kecantikan dan kesehatan, peralatan olahraga, musik, buku, dan film, ponsel, gadget, dan produk elektronik, hingga paket liburan. Berbagai brand besar juga bergabung dalam festival ini, antara lain Citilink, Telkomsel, XL, JNE, Esia AHA, Intel, Campina, LEA Group, Maspion, dan Gramedia.com. Untuk pembayaran, digunakan PayPal dan Mandiri ClickPay.

Seperti halnya bazaar di gedung pameran, ada sejumlah penawaran menarik yang bisa Anda dapatkan di sini. Kalau pedagang biasanya melakukan demo produk, di Shopfest pun ada aktivitas seperti itu. Kemudian, ada area bagi-bagi sampel. Tentu Anda tak bisa menilai kualitas produk bila tidak mencoba produk tersebut lebih dulu, kan?

"Ada area khusus dimana pengunjung bisa meminta sampel barang. Sampel akan dikirim kepada pengunjung, dan tentunya dengan free shipping," tutur Andy Djiwandono, Vice President of Marketing & Merchant Relations Multiply Indonesia, saat peluncuran Shopfest di markas Multiply di Gandaria City, Jakarta, Kamis (24/5/2012) lalu.

Berbagai kegiatan lain yang akan menarik interaksi pengunjung juga menanti. Misalnya saja lelang gadget, yang digelar oleh online seller untuk keperluan clearance stock. Ada sale, treasure hunt, pertunjukan komedi dan musik, dan pengumpulan poin untuk ditukarkan dengan voucher belanja. Bahkan, ada antrian untuk mendapatkan barang yang didiskon secara virtual! Ngantri virtual ini menjadi solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan barang baru, namun tanpa perlu berdesak-desakan dengan ribuan peminat lain di mall. Dengan demikian, Anda tidak perlu membuang waktu dan tenaga.

Shopfest juga menjadi festival dengan penawaran harga termurah. Hal ini disebabkan dana yang dikeluarkan penjual untuk menggelar pameran secara offline, kini bisa dialihkan untuk promosi dan untuk kepentingan pembeli.

Shopfest sendiri digagas oleh Multiply Indonesia, dan penggarapannya -dari ide, pengembangan, hingga pelaksanaan- seluruhnya dilakukan oleh tim Multiply Indonesia. Bila berjalan dengan sukses, event ini akan digulirkan ke negara lain.

"Shopfest ini merupakan suatu inovasi dan evolusi dari social shopping. Dulu untuk berbelanja orang harus mengenal penjualnya. Selanjutnya orang mulai berjualan secara online di BBM atau Facebook. Sekarang, pindah lagi melalui marketplace," kata Andy.

Dari sisi konsumen, digelarnya festival belanja secara online ini tak lain sebagai respons terhadap meningkatnya kecenderungan orang Indonesia untuk berbelanja secara online. Menurut Andy, setiap tahun transaksi e-commerce untuk jual-beli produk naik dua kali lipat. Meningkatnya tren online shopping ini tentunya tak lepas dari edukasi antara penjual dan pembeli yang terus terjadi. Dengan digelarnya Shopfest, yang memberikan berbagai kemudahan dan pengalaman berbelanja yang baru, bukan tak mungkin tren ini akan terus naik.


EditorDini

Close Ads X