Adakah Risiko Memakai Implan Gigi?

Kompas.com - 12/06/2012, 10:05 WIB
EditorAsep Candra

TANYA : 

Dok, saya ingin bertanya. Apakah pemasangan implan gigi itu mengandung risiko yang membahayakan? Apabila digunakan dalam jangka panjang, apakah ada efek sampingnya ?  Bagaimana cara memilih implan yang aman dan dalam kondisi apa sebaiknya kita memutuskan untuk memilih metode implan? Mohon penjelasannya. Terima kasih. 

(Windara, 20, Depok)


JAWAB :

Hai Windara, pemasangan implan gigi tidak akan berbahaya, tentu saja banyak faktor yang mempengaruhi. Faktor tersebut adalah kualitas dan kuantitas tulang rahang yang baik, kesehatan umum pasien, dan ketrampilan dokter giginya.

Gigi implan dalam penggunaan jangka panjang dapat memiliki efek samping jika keadaan rongga mulut pasien dan kesehatan tubuh pasien yang tidak dijaga dengan baik, serta kebiasaan buruk pasien.

Efek sampingnya berupa gagalnya penyatuan tulang rahang dengan implan, peradangan mukosa di sekitar implan, dan pengeroposan tulang rahang di sekitar implan. Pertimbangan untuk menggunakan implan gigi adalah apakah kesehatan umum anda baik, tidak ada penyakit sistemik, keadaan tulang rahangnya baik, serta pertimbangan biaya.

Pemilihan bahan dan teknik implan dapat dikonsultasikan langsung oleh dokter gigi anda. Ingat, sebaiknya anda harus mendatangi dokter gigi yang kompeten untuk melakukan implan gigi, karena tidak semua dokter gigi mampu melakukannya.  

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.