Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2012, 09:49 WIB

Tanya:
Ibu Mayke yang baik, sejak anak saya lahir hingga sekarang berusia delapan bulan, suami saya tidak pernah mau diajak berbagi untuk mengurus bayi. Alasannya, takut jatuh atau takut sakit.

Dia hanya mau memegang bayi kalau sudah diletakkan dalam boks tempat tidurnya. Itu pun hanya mengelus-elus. Saya ingin suami bisa menggendong atau bermain dengan si kecil. Apalagi saya pun bekerja, jadi ingin berbagi dengan suami supaya sama-sama merawat anak. Kalau diingatkan, suami malah berkilah, dia bukannya tidak sayang anak, tapi mau menggendong kalau anak sudah besar.

Bu, bukankah hal ini terlambat? Apalagi di mal saya lihat banyak ayah muda yang cuek, malah bangga menggendong bayinya. Saya jadi iri. Mohon saran bu Mayke, bagaimana jalan keluarnya?

(Rosa via e-mail)


Jawab:

Rosa, saya tidak tahu apa alasan mendasar yang menyebabkan suami Anda tidak mau menggendong si kecil untuk saat ini. Mengingat usia bayi sudah delapan bulan, kepala dan pinggangnya sudah kuat, maka boleh mendukung suami untuk memangku anak dulu. Kemudian, meyakinkan dan melatih suami menggendong si bayi.

Kalau tetap belum percaya diri menggendong anak, ajaklah suami bermain dengan anak di tempat tidur, sebab kegiatan ini pun bisa mempererat hubungan batin antara orangtua dan anak.

Ketika anak sudah bisa merangkak, ayah dan ibu bisa bergantian mengajak anak mengejar benda atau mengejar Anda sambil merangkak. Jadi, menggendong bukan satu-satunya cara untuk memdekatkan anak dengan ayah atau ibunya. Jadi kita lihat saja hasilnya, selamat berusaha meyakinkan suami.

(Tabloid Nakita/Narasumber: dra Mayke S Tedjasaputra, MSi, Play Therapist dan Psikolog)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com