Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2012, 15:27 WIB

KOMPAS.com - Apa pun model diet yang pernah atau sedang Anda terapkan, takkan membuahkan hasil sesuai harapan jika Anda menyabotase diri sendiri. Mereka yang gagal melakukan diet, utamanya disebabkan oleh sabotase diri yang dilakukan secara terus menerus.

Agar diet berhasil, terapis dan wellness coach Kris Henderson, menyarankan tiga hal yang perlu Anda lakukan untuk berhenti menyabotase diri saat diet.

1. Hapus pikiran negatif.
Pikiran Anda mengontrol segalanya, termasuk proses diet Anda. Sekali saja Anda berpikir tidak mampu melakukannya, maka Anda benar-benar takkan bisa melakukan atau melanjutkan diet yang sudah Anda rencanakan atau lakukan.

"Menjalani diet berkaitan dengan mengubah kebiasaan. Wajar jika Anda mengalami kesulitan mengubah kebiasaan, tapi percayalah bahwa Anda bisa berpikir positif," jelasnya.

2. Pahami apa yang Anda lakukan.
Pahami dengan baik pola diet Anda, mengapa Anda melakukannya, apa harapan Anda, bagaimana Anda melakukannya. Menurut Henderson, akan menakutkan bagi seseorang untuk berubah. Namun dengan memahami perubahan yang sedang dilakukan, Anda lebih mudah untuk berubah.

Henderson menyarankan, fokuslah pada kemampuan Anda, pada pikiran positif bahwa Anda mampu melakukan diet ini. "Orang yang melakukan diet lebih banyak fokus pada kesalahan apa yang telah dilakukannya. Padahal fokus utamanya seharusnya adalah dengan mengatakan kepada diri sendiri bahwa saya bisa dan saya akan melakukannya," tegasnya.

3. Stop membandingkan diri.
Jangan pernah membandingkan diri dengan orang lain, termasuk dalam urusan diet. Henderson mengatakan, diet Anda adalah perjalanan personal. Jadi, semestinya program diet orang lain, berapa banyak bobot tubuh yang berhasil dibuang oleh orang lain melalui program dietnya, tidak memengaruhi Anda.

"Melakukan diet adalah keputusan yang Anda buat untuk kebaikan diri sendiri. Jadi tak perlu pedulikan bagaimana diet orang lain termasuk hasilnya," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com