Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2012, 09:12 WIB

KOMPAS.com - Orangtua tak dianjurkan untuk secara drastis meninggalkan si batita begitu saja di daycare. Karena akan menyebabkan trauma dan membuatnya merasa tak aman. Simak caranya:

1. Berikan pengertian tempat yang akan dikunjungi.
Jelaskan pada batita mengenai Tempat Penitipan Anak (TPA) atau daycare. Jelaskan mengenai teman-teman yang akan ditemui, permainan yang tersedia. Ingat, batita paling tertarik dengan mainan. Pembicaraan mengenai permainan selalu menarik perhatiannya.

2. Dampingi anak untuk melihat lokasi.
Beri kesempatan pada batita untuk melihat-lihat terlebih dahulu sambil mengenal lingkungan yang baru didatangi. Orang terdekat tentunya tetap harus mendampingi karena anak yang merasa tidak aman akan semakin tegang atau takut jika merasa ditinggalkan.

Ajak anak melihat sekelompok anak yang mungkin sedang bermain bersama. Mintalah ia untuk terlibat bermain bersama meski masih harus didampingi. Tunggu sampai batita merasa nyaman.

3. Biasakan berpamitan.

Ketika anak sudah merasa nyaman, orangtua dapat berpamitan kepada anak. Komunikasikan bahwa orangtua akan bekerja dulu dan nanti akan kembali untuk menjemput dan pulang ke rumah bersama anak.

(Tabloid Nakita/Utami Sri Rahayu)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com