Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2012, 11:40 WIB


KOMPAS.com - Ibu hamil biasanya dianjurkan untuk sering mengajak bicara bayi di dalam kandungannya. Inilah cara pertama membentuk ikatan atau bonding dengan sang bayi. Para pengawas kesehatan kini bahkan menyarankan para ibu untuk menyanyi untuk bayinya. Sebab, menyanyi akan membantu si ibu untuk rileks akibat meningkatnya kadar endorfin dan serotonin, dan membentuk bonding dengan bayinya.

Selain itu, menyanyi juga melatih teknik pernafasan seperti yang diajarkan di kelas-kelas vokal. Teknik pernafasan yang baik dapat mengurangi rasa sakit saat persalinan.

"Menyanyi akan membantu mengontrol dan melambatkan nafas. Menggunakan teknik tersebut untuk bernafas dalam-dalam dan lambat saat persalinan bisa menenangkan otot-otot dan tubuh Anda," papar Maya Waldman, instruktur program Wombsong, yang diajarkan di beberapa rumah sakit di London.

Dalam kursus menyanyi untuk ibu hamil ini, para ibu akan diminta melakukan pemanasan untuk tubuh dan suara sebelum latihan menyanyikan sebuah lagu dari Polinesia. Lagu ini dipilih karena kesederhanaan dan melodinya yang menenangkan. Menurut Maya, lagu-lagu semacam itu sangat mudah dipelajari, dan Anda tidak membutuhkan kepercayaan diri yang tinggi saat menyanyikannya.

Namun, suara yang dihasilkan dari latihan tersebut sangat mengesankan. Para perempuan yang bergabung dalam kursus tersebut -kebanyakan para perempuan bekerja- sepakat bahwa Wombsong merupakan cara yang baik untuk rileks dan berfokus pada bayi di dalam kandungan.

"Latihan ini sangat membantuku untuk menikmati kehamilanku," tutur salah seorang peserta.

Dari sudut pandang praktis, menyanyi seperti ini juga membuat hidup Anda menjadi lebih mudah ketika bayi sudah lahir. Maya mengatakan bahwa pendengaran bayi berkembang saat kehamilan awal. "Anda bisa menggunakan lagu-lagu yang sama ketika bayi sudah lahir. Kalau mereka kesal atau gelisah, mereka akan menjadi tenang ketika mendengar lagu yang sudah mereka kenali," katanya.

Di Indonesia, kursus semacam ini mungkin belum ada. Namun, Anda tentunya bisa mencoba mempraktikkannya sendiri di rumah. Kombinasikan dengan senam hamil yang sudah Anda pelajari, maka proses kehamilan Anda pasti akan menjadi lebih menyenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com