Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tohpati Wujudkan Konser Big Band

Kompas.com - 02/12/2012, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com  -- Suara Tohpati Ario Hutomo (41) di seberang telepon terdengar bersemangat. Persiapan konser berformat big band yang dijajakinya sekitar setahun terakhir ini kian matang. Dua belas musisi jazz akan menggelar konser bertajuk "Tohpati Berkarya" di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, 12 Desember 2012.

Dalam format big band, gitaris ini akan melibatkan 13 instrumen tiup, yakni 4 trompet, 4 trombon, dan 5 saksofon. Meski begitu, tentu saja permainan gitar akan menjadi eksplorasi tersendiri. Tohpati juga akan mendapuk enam bintang tamu untuk mewarnai penampilannya, seperti Ruth Sahanaya, Bams, dan Shakila.

"Shakila sebenarnya sekarang tinggal di Amerika Serikat, dan kebetulan banget akan ke Jakarta. Jadi, senang sekali bisa ajak dia sekalian," kata Tohpati tentang penyanyi yang populer lewat lagu garapan Tohpati, "Lukisan Pagi".

Format ensambel big band dalam konser jazz selama ini identik dengan warna swing yang kental dan cenderung old school. Namun, Tohpati membocorkan, nuansa yang lebih modern akan lebih mewarnai penampilannya. "Akan lebih banyak funk, groove, dan enggak terlalu banyak swing," ujar Tohpati.

Bontot, begitu ia biasa disapa, mengakui, persiapan konser memakan waktu sekitar setahun karena ia kerap teralihkan menggarap aneka proyek musik. Melalui konser itu, selain ingin merentangkan perjalanan karier bermusiknya, Tohpati juga ingin menawarkan suatu alternatif bagi pencinta musik, terutama jazz.

"Konser nanti itu adalah pertama kalinya saya tampil dalam format big band," ujar Tohpati dengan suara penuh hasrat. (SF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com