Tohpati Wujudkan Konser Big Band

Kompas.com - 02/12/2012, 17:00 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com  -- Suara Tohpati Ario Hutomo (41) di seberang telepon terdengar bersemangat. Persiapan konser berformat big band yang dijajakinya sekitar setahun terakhir ini kian matang. Dua belas musisi jazz akan menggelar konser bertajuk "Tohpati Berkarya" di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, 12 Desember 2012.

Dalam format big band, gitaris ini akan melibatkan 13 instrumen tiup, yakni 4 trompet, 4 trombon, dan 5 saksofon. Meski begitu, tentu saja permainan gitar akan menjadi eksplorasi tersendiri. Tohpati juga akan mendapuk enam bintang tamu untuk mewarnai penampilannya, seperti Ruth Sahanaya, Bams, dan Shakila.

"Shakila sebenarnya sekarang tinggal di Amerika Serikat, dan kebetulan banget akan ke Jakarta. Jadi, senang sekali bisa ajak dia sekalian," kata Tohpati tentang penyanyi yang populer lewat lagu garapan Tohpati, "Lukisan Pagi".

Format ensambel big band dalam konser jazz selama ini identik dengan warna swing yang kental dan cenderung old school. Namun, Tohpati membocorkan, nuansa yang lebih modern akan lebih mewarnai penampilannya. "Akan lebih banyak funk, groove, dan enggak terlalu banyak swing," ujar Tohpati.

Bontot, begitu ia biasa disapa, mengakui, persiapan konser memakan waktu sekitar setahun karena ia kerap teralihkan menggarap aneka proyek musik. Melalui konser itu, selain ingin merentangkan perjalanan karier bermusiknya, Tohpati juga ingin menawarkan suatu alternatif bagi pencinta musik, terutama jazz.

"Konser nanti itu adalah pertama kalinya saya tampil dalam format big band," ujar Tohpati dengan suara penuh hasrat. (SF)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.