Kompas.com - 03/12/2012, 12:09 WIB
EditorDini

T:
Saya memiliki usaha sendiri dan sangat mengandalkan komunikasi yang baik dengan client, namun saya bingung caranya berkomunikasi. Bagaimana ya Bu, cara mengatasi rasa kurang percaya diri dan kesulitan berbicara dengan orang yang usia dan jabatannya di atas saya? Mohon saran dan penjelasannya.Terimakasih. (Kurnia, 28)

J:
Mas Kurnia yang luar biasa,
Berkomunikasi dengan orang yang usia dan jabatannya di atas diri kita adalah hal yang sangat mengasyikkan. Anda tahu mengapa? Karena di sini diri kita dituntut untuk mengasah kemampuan dalam berkomunikasi. Sayangnya, sebagian besar orang beranggapan bahwa untuk dapat berkomunikasi dengan orang yang usia dan jabatannya lebih tinggi dari kita, kita harus nampak lebih pandai daripada mereka. Padahal pendapat seperti itu adalah salah besar.

Untuk dapat berkomunikasi dengan orang yang usia dan jabatannya di atas kita, lakukanlah segala sesuatu dengan tulus dan kesungguhan hati. Berikut tiga langkah sederhana perlu Anda lakukan mulai sekarang.

Pertama, jadilah diri Anda sendiri. Siapa pun diri Anda dan apa pun pendidikan Anda selama ini, syukurilah. Kenalilah diri Anda dengan menjawab pertanyaan berikut ini sejujurnya:

* Dari apa yang aku miliki selama ini, kebaikan apa sajakah yang selama ini telah aku berikan kepada orang lain?
* Sudahkah aku melakukannya dengan tulus?
* Sudahkah aku memberikan yang terbaik dari diriku untuk orang lain?

Kedua, bersikap dan bertutur-katalah dengan sopan dan tulus. Karena sebenarnya setiap sikap dan tutur kata yang sopan nan tulus itu, untuk diri kita sendiri. Benarkah? Mari kita buktikan bersama disini dan jawablah pertanyaan berikut dengan jujur:

* Apa yang Anda rasakan setiap kali mendapatkan perlakuan yang sopan dan tulus dari orang lain? Senang dan merasa diperhatikan dengan baik, bukan?
* Jika Anda merasa senang dan diperhatikan dengan baik, sudahkah Anda melakukan hal yang sama kepada seluruh client Anda?

Ketiga, ucapkan terima kasih atas saran dan kepercayaannya kepada Anda selama ini. Terkadang kita lupa mengucapkan terima kasih, khususnya kepada orang-orang yang memberi masukan kepada kita. Padahal setiap masukan adalah informasi yang perlu kita cermati. Dan tugas kitalah untuk memilahnya dengan bijaksana demi peningkatan servis ke client. Yang tak kalah pentingnya adalah mengucapkan terima kasih dengan tulus atas kepercayaan yang mereka berikan selama ini. Pastikan diri Anda berikut team Anda telah memberikan yang terbaik kepada mereka.

Selamat menjadi pengusaha muda yang sukses!

Ainy Fauziyah, CPC
Leadership Motivator & Coach
Penulis buku best seller Dahsyatnya Kemauan



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X