Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2013, 14:39 WIB

Kompas.com - Dampak buruk dari mengonsumsi makanan tinggi lemak ternyata bisa disiasati dengan cara langsung berolahraga setelah makan.

Penelitian berskala kecil yang dilakukan di Jepang menunjukkan, berjalan kaki atau melakukan latihan ringan satu jam selah makan makanan berlemak bisa mengurangi pembentukan trigliseria, lemak dalam darah.

Trigliserida lebih mudah naik setelah kita mengonsumsi makanan tertentu, misalnya karbohidrat atau lemak. Selain kolesterol, kadar trigliserida yang tinggi yang memicu serangan jantung dan stroke.

Olahraga secara teratur memang bisa menurunkan kadar trigliserida, tetapi menurut peneliti di Jepang olahraga setelah makan lebih efektif ketimbang sebelum makan dalam mencegah peningkatan trigliserida.

Namun karena penelitian yang dilakukan tim dari Kyoto Prefectural University itu berskala kecil masih diperlukan studi lanjutan untuk mengetahui apakah hal itu bisa diterapkan pada populasi umum.

Olahraga setelah makan dianggap akan meningkatkan penggunaan lemak tubuh sehingga menurunkan level trigliserida.

Menurut Stephen Ball, ahli nutrisi dan psikologi olahraga dari Universitas Missouri, mengatakan bahwa olahraga bisa dilakukan kapan saja. Jika tujuannya untuk menurunkan berat badan sebaiknya intensitas latihan ditambah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com