Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2013, 21:48 WIB

KOMPAS.com - Sebagai kaum perempuan, banyak sekali peran dan aktivitas yang harus kita lakukan, terlebih lagi jika kita sudah berkeluarga. Perempuan mampu menjalani berbagai tuntutan peran dan aktivitas tersebut, sampai akhirnya hal itu menjadi suatu rutinitas.

Ya, rutinitas itulah yang akhirnya menjadi tantangan terbesar bagi perempuan. Sebab ketika sudah menjadi rutinitas, lama-kelamaan berbagai peran dan aktivitas tersebut berlalu tanpa kesan yang berarti.

"Karena merasa harinya berjalan begitu-begitu saja, perempuan merasa hidupnya meaningless," ungkap psikolog Rosdiana Setyaningrum, saat peluncuran kampanye "Rexona DO:MORE Women" di The Patio Function House, Jakarta, Selasa (23/4/2013).

Oleh sebab itu, sebelum semuanya terlambat, mulailah untuk memaknai setiap aktivitas Anda mulai sekarang. Rosdiana menambahkan, peran sebagai perempuan sebaiknya tidak lagi dilihat berdasarkan kuantitas, tapi juga kualitas waktu yang digunakan.

Contoh gampangnya, mungkin Anda tidak punya banyak waktu untuk anak karena kesibukan Anda. Tetapi ketika Anda memiliki waktu berharga tersebut, fokuslah pada anak. Lupakan dulu ponsel dan tablet yang selalu memberondong Anda dengan email-email yang menuntut jawaban segera. Akan percuma jika secara fisik Anda berdekatan dengan anak, namun pikiran Anda melayang ke mana-mana, bukan?

Diana memberikan tips sederhana untuk memaknai setiap peran yang dijalani kaum perempuan. Usia 20-an sampai 30-an merupakan masa di mana kita harus produktif dan harus melakukan sesuatu yang berarti. Maka, nikmati dan hayati setiap peran tersebut dengan sepenuh hati.

"Setiap kegiatan yang dilaksanakan sekecil apa pun harus dimaknai dengan baik. Dengan menghargai setiap kegiatan, kita bisa mendekatkan hubungan dengan orang sekitar kita. Tak perlu ruang lingkup besar (untuk memaknai suatu kegiatan). Mulailah dari yang kecil," tutupnya.

Jika kita sudah memaknai peran itu, maka Anda tidak akan melakukannya dengan terpaksa, apalagi sekadar menjalaninya sebagai rutinitas yang membosankan. Dengan mampu memberi makna pada peran Anda tersebut, saat memasuki usia dewasa Anda akan menjadi sosok yang lebih bijaksana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com