Bingung Memilih Pekerjaan yang Cocok

Kompas.com - 08/05/2013, 17:57 WIB
EditorDini

T:
Saya baru saja menyelesaikan pendidikan saya di universitas swasta di Jakarta jurusan manajemen, tetapi saya bingung untuk memilih pekerjaan yang cocok dan nyaman buat saya. Karena selama saya kuliah, saya merasa jurusan tersebut tidak sesuai dengan jurusan yang saya inginkan. Itu semua karena keinginan orang tua saya. Sementara dari SMA dulu saya ingin sekali menjadi psikolog. Mbak Ainy, apa yang harus saya lakukan? (Wulan, 23)

J:
Mbak Wulan yang baik hati,
Selamat ya, Anda sukses menyelesaikan kuliah. Mulai sekarang, saatnya Anda menentukan langkah berikutnya. Melamar untuk bekerja atau merintis sebuah usaha.

Mbak Wulan, menurut saya, Anda seorang putri yang beruntung. Karena memiliki kedua orang tua yang sanggup membiayai Anda kuliah. Kalau pun Anda merasa bahwa jurusan yang Anda ambil itu tidak sesuai dengan keinginan Anda, melainkan keinginan orang tua Anda, hal yang paling bijaksana dilakukan oleh seorang anak adalah rasa berterima kasih kepada kedua orang tua, dan tidak menyalahkan mereka.

Mengapa demikian? Karena sebenarnya, sebagai pribadi yang selalu merindukan untuk menjadi pribadi yang luar biasa, sikap menyalahkan orang lain, apalagi kedua orang tua, adalah sebuah sikap yang tidak bijak dan cenderung kurang bertanggung-jawab.

Jadi, apa yang perlu Anda lakukan untuk menyikapi kondisi ini? Tiga langkah sederhana ini perlu Anda lakukan mulai sekarang.

Pertama, lakukan apa yang sebenarnya Anda inginkan. Jika Anda benar-benar ingin bekerja di dunia psikolog, pertanyaannya, apakah Anda memiliki kemampuan atau skill di bidang psikolog?

Jika Anda benar-benar ingin bekerja di dunia psikolog, maka Anda membutuhkan tiga hal utama. Pertama, Anda harus memiliki "pengetahuan" mengenai dunia psikolog. Kedua, miliki skills atau ketrampilan yang berkaitan dengan dunia psikolog. Ketiga, Anda harus investasi waktu untuk belajar psikolog .

Pilihan lainnya untuk Anda saat ini adalah mengenal lebih dalam dunia manajemen. Carilah informasi tentang jenis pekerjaan apa sajakah yang bisa Anda lakukan dan membuat Anda bersemangat karenanya.

Kedua, nikmati dan syukuri pencapaian Anda. Artinya, nikmatilah atas apa pun yang melekat pada diri Anda sekarang. Syukurilah atas setiap pencapaian Anda, khususnya pencapaian Anda dalam meraih gelar manajemen yang Anda dapatkan sekarang. Tahukah Anda, di dunia ini banyak sekali anak seusia Anda yang belum beruntung. Mereka mati-matian ingin menikmati bangku kuliah, hanya saja mereka belum bisa melakukannya karena keterbatasan ekonomi.

Sementara Anda, adalah seorang anak yang sangat beruntung. Anda tahu mengapa? Karena kedua orang tua Anda dengan penuh kasih sayang mencari rezeki demi membayar biaya kuliah Anda selama ini. Dengan usia Anda yang menginjak dewasa sekarang ini, sudah bukan saatnya lagi untuk menyalahkan kedua orang tua Anda yang di mata Anda telah memaksakan kehendaknya.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X