Kompas.com - 09/05/2013, 15:10 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com — Menghindari stres merupakan salah satu syarat untuk menjadi sehat. Cara menghindari stres yang paling mudah adalah dengan membuat tubuh menjadi rileks.

Membuat tubuh rileks tidak harus dilakukan di tempat spa dan menghabiskan waktu dan uang Anda, tetapi dapat dilakukan dengan cara-cara mudah dan cepat. Berikut enam cara mudah dan cepat untuk rileksasi tubuh.

1. Mandi
Mandilah dengan sentuhan aromaterapi untuk menjadikan suasana mandi Anda serupa spa. Gunakan sabun dengan aroma lembut yang mengingatkan Anda pada tempat favorit. Hiruplah aroma-aroma tersebut dengan perlahan dalam-dalam. Ini akan membantu dalam menenangkan sistem saraf dan menghilangkan stres.

2. Pijat tangan
Banyak sekali saraf terdapat di tangan. Bekerja sepanjang hari dengan tangan akan membuatnya kaku dan tegang. Memijat lembut tangan akan membantu untuk lebih rileks. Caranya ialah dengan mengusapkan lotion lembut atau minyak zaitun dahulu, kemudian pijatlah lembut dari mulai otot di sekitar jempol hingga ke seluruh bagian tangan. Pijat dengan gerakan memutar dan dapat dilanjutkan hingga ke bahu, leher, dan kulit kepala.

3. Semprot wajah
Semprotkan wajah dengan spray pelembab segar akan membuat Anda rileks. Pilihlah aroma yang segar dan lembut seperti aroma timun. Selain rileks, Anda juga menjadi lebih segar dan mendapat kulit yang lembab.

4. Berendam sebelum tidur
Berendam sebelum tidur akan menghangatkan tubuh sehingga meningkatkan kualitas tidur dengan memperbaiki fase tidur dalam. Berilah minyak zaitun ke dalam air rendaman untuk menjaga kulit Anda tetap lembab. Namun, jika Anda memiliki jenis kulit yang kering, janganlah terlalu lama berendam di dalam air karena akan membuat kulit Anda bertambah kering.

5. Sisir rambut
Menyisir rambut ternyata dapat memberikan efek yang baik untuk membuat tubuh rileks. Gerakan berulang membangkitkan respons rileks di dalam tubuh. Menyisir rambut memutuskan rantai stres dan membuat pikiran lebih tenang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

6. Gunakan aromaterapi
Minyak esensial tertentu, seperti lavender, sudah terbukti dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Oles dan pijatkan minyak lavender pada titik-titik pusat saraf, seperti leher, pergelangan tangan bagian dalam, dan pelipis sebelum tidur.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.