Ingin Awet Muda? Rutinlah Bercinta

Kompas.com - 08/07/2013, 08:21 WIB
shutterstock
|
EditorLusia Kus Anna


Kompas.com-
Seks memiliki makna luar biasa dalam pernikahan. Selain menguatkan ikatan cinta, hubungan seks yang dilakukan secara teratur juga bisa membuat Anda dan pasangan tampak awet muda.

Dr.David Weeks, seorang peneliti dan psikolog menyebutkan, pasangan berusia paruh baya yang rutin bercinta tampak 5-7 tahun lebih muda dari usia sebenarnya.

Weeks melakukan survei kepada ribuan pasangan. Terungkap bahwa mereka yang berusia 40-50 tahun dan tampak awet muda melakukan hubungan seks 50 persen lebih banyak (sekitar tiga kali dalam seminggu).

Menurut Weeks, kepuasan yang timbul dari hubungan seks adalah faktor penting untuk memperlambat penuaan. Biologi juga berperan, karena dilepaskannya hormon endorfin, saat seseorang merasa sedang bahagia.

Hormon endorfin juga bisa berperan sebagai antinyeri alami, mengusir kecemasan, dan membantu tidur nyenyak.

Hormon pertumbuhan yang juga dilepaskan saat kita bercinta diketahui membantu kulit tetap elastis dan mencegah keriput.

Bukan hanya itu, hubungan seks juga membantu membakar lemak dan pelepasan zat-zat kimia untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

"Bercinta itu menyenangkan dan punya banyak manfaat. Karena itu aktiflah bercinta, termasuk pasangan yang sudah tua," katanya.

Ia juga menampik anggapan yang menyebut memasuki masa pensiun berarti juga pensiun bercinta. "Kepuasan seksual adalah faktor penting dalam kualitas hidup, setara dengan spritialitas dan komitmen pernikahan," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Dailymail
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X