Atur Meja Kerja agar Nyaman Menyehatkan

Kompas.com - 10/07/2013, 11:58 WIB
Perhatikan posisi telepon di meja kerja, kalau sering menggunakannya sebaiknya ganti dengan headset. shutterstockPerhatikan posisi telepon di meja kerja, kalau sering menggunakannya sebaiknya ganti dengan headset.
|
EditorWawa
KOMPAS.com — Tata letak dan kebersihan di meja kerja juga di sekitarnya memengaruhi kenyamanan dalam bekerja. Posisi penempatan komputer atau barang-barang pribadi di meja kerja Anda juga akan memengaruhi semangat bekerja. Lakukan beberapa hal berikut agar bekerja lebih nyaman dan Anda lebih bersemangat, selain juga menghindari sejumlah risiko kesehatan.

* Posisi keyboard
Penempatan keyboard sangat penting untuk kesehatan mata dan tubuh Anda. Jika Anda tidak menempatkan posisi keyboard yang tepat, hal ini dapat memungkinkan Anda berakhir dengan penyakit jangka panjang tertentu, seperti carpel tunnel syndrome yang sangat sulit untuk tangani.

Itu sebabnya, keyboard harus diatur dengan tepat untuk menghindari segala bentuk luka permanen. Idealnya, keyboard harus ditempatkan lebih rendah daripada permukaan meja Anda dan dengan kemiringan sedikit negatif. Dan juga pastikan ketinggian keyboard Anda memungkinkan Anda untuk menjaga siku tetap nyaman "sudut terbuka".

* Posisi mouse
Serupa dengan keyboard, mouse harus diposisikan tepat sehingga Anda dapat bekerja dengan nyaman tanpa hambatan apa pun. Pastikan bahwa mouse berada pada tingkat yang sama seperti siku Anda sehingga Anda dapat mengaksesnya dengan pergelangan tangan lurus. Dan berikan bantalan yang nyaman dan dukungan untuk lengan serta siku.

* Ketinggian monitor
Memilih posisi yang tepat untuk monitor Anda bisa menjadi keputusan sulit karena penyesuaian tergantung pada tinggi dan kenyamanan. Jika posisi ketinggian monitor tidak tepat, Anda mungkin berakhir dengan nyeri leher, nyeri bahu dan bahkan kelelahan padamata.

Idealnya, monitor harus ditempatkan dalam jarak satu lengan dari Anda. Untuk tampilan yang tepat, mata Anda harus pada tingkat garis imajiner di layar, sekitar 2-3 inci di bawah tingkat atas dari layar komputer. Miringkan layar sedemikian rupa agar sedikit lebih dekat dengan Anda. Hal ini memungkinkan pandangan yang jelas seluruh layar tanpa harus membuat ketegangan pada mata Anda.

* Penempatan Telepon
Untuk penggunaan moderat, tempatkan telepon agar mudah dijangkau sehingga Anda tidak perlu mengalami ketegangan punggung setiap waktu saat menerima panggilan. Jika frekuensi menerima telepon Anda lebih sering, coba alihkan gagang telepon dengan headset.

* Posisi duduk yang sempurna
Saat bekerja di kantor, sangat penting bagi Anda untuk mengatur posisi duduk yang ideal agar meminimalisasi ketidaknyamanan dan memaksimalkan kemampuan Anda. Ini melibatkan duduk dengan paha sejajar pada lantai dan anggota tubuh bagian bawah vertikal. Lengan atas, di sisi lain, harus beristirahat pada sudut vertikal 90 derajat ke meja. Dan juga, hindari segala bentuk posisi bengkok saat bekerja. Biarkan kaki tetap lurus atau posisi tubuh sedikit berbaring.

* Posisi kursi
Sama seperti penyesuaian monitor, lokasi kursi tergantung pada tingkat kenyamanan dan tinggi penggunanya. Selalu pilih posisi kursi yang nyaman dengan ketinggian dan sudut yang dapat diubah sesuai kebutuhan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X